IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIDKAN DI TK ISLAM BAITUSSALAM
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran dan implementasi sistem informasi di TK Baitussalam guna meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan cara pandang bergaya induktik, yang berfokus terhadap makna infividual, dan menerjemahkan kompleksitas suatu persoalan, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan proses pembelajaran dan administrasi, sekolah ini telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk memfasilitasi berbagai aspek operasional. Yakni salah satu inovasi yang digunakan oleh TK Islam Baitussalam ialah aplikasi bernama Situs PAUD (Sistem Informasi Untuk Sekolah PAUD). Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan melakukan penilaian siswa secara sistematis dan efisien. Namun banyak kendala yang yang dihadapi TK Baitussalam ini yaitu mengenai kurangnya pemahaman dan kemampuan guru dalam menggunakan laptop, kendala dalam input pengelilaan data karena terbiasa manual.
Dari uraian diatas, penulis menyarankan kepada TK Islam Baitussalam untuk agar SIM disesuaikan lagi dengan kebutuhan spesifik TK, termasuk fitur-fitur yang mendukung pembelajaran usia dini. Menambahkan modul tambahan seperti e-learning atau pelacakan perkembangan siswa secara interaktif. Memfasilitasi komunikasi antara guru dan orang tua, misalnya melalui aplikasi atau portal untuk pembaruan informasi terkait kegiatan sekolah, laporan kemajuan siswa, atau jadwal penting. Dan yang tak kalah penting adalah mengadakan pelatihan rutin bagi pengguna terutama guru untuk meningkatkan keterampilan teknologi agar SIM dapat digunakan secara maksimal
Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Mutu Pendidikan, TK Baitussalam
Copyright (c) 2025 Syafira Fadilah, Nistia Tri Utari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.