PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI SMKN 1 PANGANDARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komite sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di SMKN 1 Pangandaran, dengan fokus pada pengadaan, pemeliharaan, dan penghapusan fasilitas pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite sekolah berperan aktif dalam setiap tahap pengelolaan sarana dan prasarana, mulai dari perencanaan hingga penghapusan barang. Peran komite sekolah mencakup empat fungsi utama, yaitu sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan mediator antara sekolah dan masyarakat. Meskipun telah melaksanakan tugasnya dengan maksimal, komite sekolah masih menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan lahan dan pendanaan. Meskipun demikian, pengelolaan sarana dan prasarana di SMKN 1 Pangandaran menunjukkan hasil yang memadai dengan pemeliharaan yang dilakukan secara rutin dan pengadaan yang berbasis kebutuhan dan prioritas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran komite sekolah sangat penting dalam memastikan kelancaran dan keberlanjutan kualitas sarana dan prasarana, yang pada gilirannya mendukung mutu pendidikan di sekolah.
Copyright (c) 2025 Dela Zahara, Ai Siska Zilvia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.