PENERAPAN KURIKULUM TEMATIK
Studi Kasus Di MI Salafiyah Gombong Desa Warungpring Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang Tahun 2019/2020
Abstract
Memasuki tahun pelajaran 2013 beberapa institusi pendidikan, baik di tingkat dasar ataupun sejajarnya mulai memberlakukan kurikulum baru sebagai model pelaksanaan pendidikan. Kurikulum tersebut adalah Kurikulum Berbasis Tematik atau KBT. Orientasi kurikulum berbasis tematik mengarah pada bagaimana menciptakan peserta didik yang aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar. Posisi guru tidak lagi menjadi sumber belajar siswa. Guru hanya sebagai fasilitator dan mediator pembelajaran yang bersifat mengarahkan, dan memotifasi belajar siswa.
Pelaksanaan kurikulum KBT ternyata tidak hanya pada sekolah-sekolah yang notabennya di bawah Depdiknas. Madrasah-madrasah di bawah Depag juga mulai memberlakukan kurikulum KBT sebagai kurikulum baru. Salah satu madrasah yang dimaksud adalah MI Salafiyah Gombong Warungpring. Penelitian ini merupakan kajian tentang proses pelaksanaan kurikulum KBT pada lembaga pendidikan tingkat dasar dengan mengambil lokasi penelitian di MI Salafiyah Gombong Warungpring.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan memilih metode deskriptif ini karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk mensukseskan kurikulum KBT kebijakan yang diambil oleh MI Salafiyah Gombong adalah memberikan pemahaman kepada guru melalui berbagai kegiatan pelatihan dan workshop, membentuk badan KKGMI, dan pengadaan referensi. Kemudian pelaksanaan kurikulum dapat diketahui dari bagaimana kemampuan guru menyusun rancangan pembelajaran, model pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kemudian juga hasil pelaksananaan KBT di MI Salafiyah Gombong dapat dilihat dari kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan juga sikap siswa yang proaktif dalam mengikuti kegiatan dan pembelajaran dan pencapaian prestasi siswa dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
Copyright (c) 2020 barep aji prakoso, Mustofa Kamal, , Ridwan, Ridwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.