PENERAPAN KURIKULUM TEMATIK

Studi Kasus Di MI Salafiyah Gombong Desa Warungpring Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang Tahun 2019/2020

  • barep aji prakoso MI Salafiyah Gombong Desa Warungpring
  • Mustofa Kamal,
  • Ridwan STIT Pemalang
  • Ridwan STIT Pemalang
Keywords: Kurikulum Berbasis Tematik, MI Salafiyah Gombong

Abstract

Memasuki tahun pelajaran 2013 beberapa institusi pendidikan, baik di tingkat dasar ataupun sejajarnya mulai memberlakukan kurikulum baru sebagai model pelaksanaan pendidikan. Kurikulum tersebut adalah Kurikulum Berbasis Tematik atau KBT. Orientasi kurikulum berbasis tematik mengarah pada bagaimana menciptakan peserta didik yang aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar. Posisi guru tidak lagi menjadi sumber belajar siswa. Guru hanya sebagai fasilitator dan mediator pembelajaran yang bersifat mengarahkan, dan memotifasi belajar siswa.

Pelaksanaan kurikulum KBT ternyata tidak hanya pada sekolah-sekolah yang notabennya di bawah Depdiknas. Madrasah-madrasah di bawah Depag juga mulai memberlakukan kurikulum KBT sebagai kurikulum baru. Salah satu madrasah yang dimaksud adalah MI Salafiyah Gombong Warungpring. Penelitian ini merupakan kajian tentang proses pelaksanaan kurikulum KBT pada lembaga pendidikan tingkat dasar dengan mengambil lokasi penelitian di MI Salafiyah Gombong Warungpring.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan memilih metode deskriptif ini karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk mensukseskan kurikulum KBT kebijakan yang diambil oleh MI Salafiyah Gombong adalah  memberikan pemahaman kepada guru melalui berbagai kegiatan pelatihan dan workshop, membentuk badan KKGMI, dan pengadaan referensi. Kemudian pelaksanaan kurikulum dapat diketahui dari bagaimana kemampuan guru menyusun rancangan pembelajaran, model pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kemudian juga hasil pelaksananaan KBT di MI Salafiyah Gombong dapat dilihat dari kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan juga sikap siswa yang proaktif dalam mengikuti kegiatan dan pembelajaran dan pencapaian prestasi siswa dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

 

 

 

Published
2020-12-11