PEMILIHAN METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BLENDED LEARNING
Abstract
Teknologi informasi saat ini mempengaruhi metode dan proses pembelajaran. Metode dan proses pembelajaran saat ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam kebutuhan belajarnya. Disamping pembelajaran tatap muka (face to face), perlu juga untuk menerapkan metode online learning dalam proses pembelajarannya. Penggabungan antara metode tatap muka dengan online learning inilah yang disebut dengan blended learning. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan perlu adanya penyesuaian metode sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan metode blended learning. Dalam penerapan blended learning perlu untuk mengetahui empat macam seting pembelajaran beserta strategi yang digunakan secara efektif. Empat macam seting pembelajaran itu adalah synchronous langsung, synchrounous maya, asynchronous mandiri, dan asynchronous kolaboratif. Selain mengetahui seting belajar tersebut, perlu juga untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan setiap strategi pembelajarannya, sehingga penggunaan media pembelajaran dapat digunakan secara tepat guna. Dengan adanya penggabungan dari metode tatap muka dengan pembelajaran online harapannya siswa dapat mempunyai kesempatan yang besar dalam mengakses materi menggunakan sarana teknologi dan informasi yang ada.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.



