MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS SEKOLAH DI RUMAH TAHFIZH IL-MINA PEMALANG

  • Nursidiq Nursidiq STIT Pemalang
  • Hafiedh Hasan STIT Pemalang
Keywords: school based management, tahfizhul Qur'an house

Abstract

Manajemen yang baik sangatlah diperlukan demi keberhasilan lembaga pendidkan, karenanya lembaga pendidikan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan visi dan misinya. Masyarakat beranggapan bahwa materi ajar yang di sekolah umum terutama pada tingkat sekolah dasar di Pemalang terlalu berat, hasilnya pun kurang memuaskan sebagian orangtua. Sehingga sebagian orang memilih untuk memasukan anaknya pada lembaga pendidikan swasta yang menawarkan pendidikan dengan sistem homeschooling berbasis Islam seperti rumah Tahfizh il- mina. Keunggulan Rumah Tahfizh Ilmina: pertama, menawarkan kompetensi santri  berupa:  hafal  Al-Qur‟an,  mampu  berbahasa  arab,  serta  berbagai  materi pelajaran keagamaan yang ditopang dengan ijazah kesetaraan. Animo masyarakat pun tinggi sehingga peminat terus bertambah. Kedua, meski baru berdiri namun mampu  mendidik  anak-anak  menghafal  Al-Qur‟an  ½  juz  dalam  sebulan.  Ketiga, menjadikan al-‘Arabiyyah Baina Yadaik sebagai buku panduan dalam materi bahasa Arab, padahal buku tersebut biasa digunakan pada tingkat sekolah menengah pertama keatas. Rumah tahfizh il-mina menerapkan sistem MBS dalam pelaksanaan proses pendidikannya. Sekolah ini juga telah melakukan pemberdayaan dalam manajemen seperti; kurikulum dan pengajaran,kesiswaan,keuangan dan pembiayaan, tenaga kependidikan, serta sarana prasarana. Faktor pendukung manajemen pendidikan di Rumah Tahfizh il-Mina di Pemalang antara lain; letak yang strategis, dukungan donator, serta tenaga pendidik yang hafal qur’an 30 juz dan memahami bahasa arab dan berpengalaman di bidangnya.

 

Published
2020-10-19