MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK DI MTS SYARIF HIDAYATULLAH
Abstract
Kepala madrasah memiliki peran yang besar dalam setiap sudut manajemen yang diterapkan dalam lembaga pendidikan, salah satunya manajemen strategik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajerial kepala madrasah, mengetahui implementasi manajemen strategik, serta untuk mengetahui manajerial kepala madrasah dalam implementasi manajemen strategik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen utama untuk mendapatkan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses manajerial kepala madrasah dilakukan melalui empat tahap kegiatan. Empat tahap kegiatan tersebut yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling). 2) implementasi manajemen strategik meliputi formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Secara garis besar sudah memenuhi tahap implementasi strategik, namun pada tahap formulasi strategi tidak melakukan analisis SWOT dan langsung merumuskan strategi. 3) manajerial kepala madrasah dalam implementasi manajemen strategik dapat dilihat dalam tahap kegiatan manajerial yang di dalamnya terdapat unsur fungsi, kompetensi, keterampilan, dan peran manajerial.
Copyright (c) 2021 Tria Ratnasari Tria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.



