Urgensi Manajemen Pendidikan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan

  • Hilma Oktafia Rizki rizki SMA Tunas karya Batang
Keywords: Manajemen Pendidikan, Lembaga Pendidikan.

Abstract

Dalam tataran nilai, pendidikan mempunyai peran vital sebagai pendorong individu dan warga masyarakat untuk meraih progresivitas pada semua lini kehidupan. Namun dalam tataran ideal, pergeseran paradigma yang awalnya memandang lembaga pendidikan sebagai lembaga sosial, kini dipandang sebagai suatu lahan bisnis basah yang mengindikasikan perlunya perubahan pengelolaan. Manajemen dalam dunia pendidikan menjadi salah satu yang diprioritaskan untuk menjamin kualitas pendidikan, agar betul-betul nampak outcome-nya. Manajemen pendidikan yang bagus adalah lembaga pendidikan yang visioner, berawal dari misi yang jelas untuk luaran yang berkualitas. Karenanya manajemen yang tepat menjadi sebuah keharusan. Bagaimana mengubah manajemen tradisional menjadi manajemen yang modern sesuai dengan tuntutan zaman.

References

Ahmadi, A. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Anoraga, P. (1997). Manajemen Berbasis Sekolah, Cet I . Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. (2015). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (1988). pengelolaan kelas dan siswa. Jakarta: CV. Rajawali.
Badruddin. (2014). Manajemen Peserta didik. Jakarta: Permata Putri Media.
Barnawi, A. M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta.
Daryanto. (1997). kamus indonesia lengkap. Surabaya: Apollo.
David, R. F. (2004). Konsep Manajemen Strategis, Edisi VII (terjemahan). Jakarta: PT Indeks.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, T. P. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. (2007). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Dr.Asnani, M. (2012). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Teras.
Dr.Matin, M. d. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fred, R. D. (2004). Konsep Manajemen Strategis, Edisi VII (terjemahan). Jakarta: PT Indekas.
Fuadi, M. R. (n.d.). Kepribadian Guru.
Harman, S. (2010). Fungsi Pengawasan Dalam Penyelenggaraan Manajemen Korporasi . Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 2 Nomor 1, edisi 1 .
Hasbullah. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Umum dan Agama Islam). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen, Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, S. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan II. Jakarta: PT Toko Gunung Agung.
Hidayat, I. M. (2018). Handbook of Education Management : Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Premedia Group.
Ihsan, F. (1995). Dasar-Dasar Kependidikan . Jakarta: Rineka Cipta.
Imron Siregar, e. a. (2005). Kepemimpinan Madrasah Mandiri . Jakarta: Puslitbang .
Lukman Ali, d. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet II . Jakarta: Balai Pustaka.
Mantja, W. (2007). Profesionalisasi Tenaga Kependidikan, Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran . Malang: Elang Mas.
Manulang, M. (1990). Dasar‐Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Martoyo, S. (1980). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cet IV . Yogyakarta: BPPV.
Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah, Cet I . Bandung: PT. Remaja Rasindo.
Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustari, M. (n.d.). Manajemen Pendidikan.
Published
2021-10-04