EFEKTIFITAS PROGRAM PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI PADA PESERTA DIDIK SDIT BINA ILMU PEMALANG (Studi Efektifitas Pelaksanaan Program Penguatan Karakter Islami Pada Peserta Didik SDIT Bina Ilmu Pemalang)

  • Sukirno Karno SD IT Pemalang
  • Anas Anas STIT Pemalang

Abstract

Sistem Pendidikan Nasional menetapkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta

bertanggung jawab. SDIT Bina Ilmu Pemalang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yaitu menyelenggarakan pendidikan yang memadukan aspek ilmu pengetahuan, ketrampilan dan kepribadian islami yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari serta membentuk lingkungan pendidikan yang mendukung proses pembiasaan nilai- nilai islami pada diri peserta didik. Guna mewujudkan visi dan misi tersebut, SDIT Bina Ilmu Pemalang telah melaksanakan beberapa program character building dalam proses kegiatan belajar mengajar yang diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai islami pada diri peserta didik seperti nilai keimanan, akhlakul karimah, kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, kemandirian, kreatifitas dan tanggung jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kegiatan pembelajaran di SDIT Bina Ilmu Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana Penulis akan melakukan pengamatan langsung di lapangan (observasi) di SDIT Bina Ilmu Pemalang. Ada dua observasi yang akan dilakukan yaitu, observasi participant, dengan cara Penulis langsung terjun ke lapangan ikut serta dalam kegiatan KBM dan observasi nonparticipant, yaitu dengan cara Penulis mengamati kegiatan KBM yang sedang dilaksanakan. Selain itu, Penulis juga melakukan, indepth interview (wawancara mendalam) dengan para tenaga pengajar SDIT Bina Ilmu Pemalang.

References

Juwita, Novita. 2019. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Program Imtaq di SMPN 16 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Masrikhin, Agus. 2013. Model Pembelajaran Character Building dan Implikasinya Terhadap Perilaku Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Humaniora. Vol.4 No.2 :1229-1236.

Sumarti. 2012. Kagiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan. Fakultas Agama Islam UMP.
Riswati Ashifa dan Dinie Anggraeni Dewi. 2021. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Sebagai Strategi Pembangunan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan. Vol.12 No.2. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Eka Nova Ali Vardani. 2018. Penanaman Nilai-nilai Karakter Islam Dalam Cerpen Aku Ingin Emak Masuk Surga Karya Maiyade Laila Yane. Jurnal Ilmiah Vol.3 No.1. Universitas Muhammadiyah Jember.
https://www.zenius.net/blog/character-building, diakses tanggal 20 November 2022.
https://nusantarapedia.net/mengenal-character-building/, diakses tanggal 20 November 2022.
Published
2022-04-12