INOVASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG
Abstract
Sistem Informasi manajemen pendidikan merupakan kombinasi antara teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung berjalannya suatu manajemen pendidikan. Dalam arti yang luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara individu dengan individu lainnya yang menyediakan informasi berupa data ataupun berita menggunakan inovasi sistem teknologi. Dengan demikian penulis ingin mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Sevima Edlink yang merupakan salah satu sistem informasi manajemen pendidikan di Sekolah tinggi ilmu tarbiyah (STIT) pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana pengambilan data bersumber dari data observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian yaitu penulis ingin mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi sevima (STIT) Pemalang. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyebaran data dan penarikan kesimpulan. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) pemalang merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berbasis islam dan banyak diminati warga kota pemalang hingga keluar pulau Jawa, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) mengunakan sistem informasi manajemen pendidikan dengan teknologi berupa aplikasi Sevima dan edlink kampus ini banyak menjalin hubungan pada tingkat nasional maupun tingkat internasional. Bukti nyata ini adalah buah kerja keras dari semua pihak, terutama pada kinerja tenaga pendidik dan kependidikan yang professional serta kesungguhan para mahasiswa untuk belajar dan berkreasi.
Sistem Informasi manajemen pendidikan merupakan kombinasi antara teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung berjalannya suatu manajemen pendidikan. Dalam arti yang luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara individu dengan individu lainnya yang menyediakan informasi berupa data ataupun berita menggunakan inovasi sistem teknologi. Dengan demikian penulis ingin mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Sevima Edlink yang merupakan salah satu sistem informasi manajemen pendidikan di Sekolah tinggi ilmu tarbiyah (STIT) pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana pengambilan data bersumber dari data observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian yaitu penulis ingin mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi sevima (STIT) Pemalang. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyebaran data dan penarikan kesimpulan. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) pemalang merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berbasis islam dan banyak diminati warga kota pemalang hingga keluar pulau Jawa, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) mengunakan sistem informasi manajemen pendidikan dengan teknologi berupa aplikasi Sevima dan edlink kampus ini banyak menjalin hubungan pada tingkat nasional maupun tingkat internasional. Bukti nyata ini adalah buah kerja keras dari semua pihak, terutama pada kinerja tenaga pendidik dan kependidikan yang professional serta kesungguhan para mahasiswa untuk belajar dan berkreasi.
References
Muhammad Yusup, Mirzani. (2018). "Inovasi Manajemen Pendidikan: Pemikiran, Lingkungan, Budaya, Dan Perilaku". Jurnal Inovasi Manajemen Pendidikan. Nur El-Islam : Vol 5, No 2
Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Nasser, A. A. (2021). “Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Vol. 7, No 1.
Rahayu, Y. N. (2020). “Program Linier (Teori Dan Aplikasi)”. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Rusmana, F. D. (2020). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro
Manajemen, Vol. 5, No 2.
Copyright (c) 2022 Ida Ratnasari Ratna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.



