PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KERJASAMA TIM TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN RANDUDONGKAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik dan kerjasama tim terhadap efektivitas kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Randudongkal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angketdengan melibatkan 78 guru SMP Negeri di Kecamatan Randudongkal sebagai sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis dan interpretasi data menunjukkan indikasi ; Pertama, adanya pengaruh supervisi akademik langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas kerjaguru dengan koefisien jalur 0,249. Kedua, adanya pengaruh kerja sama tim secara langsung positif terhadap efektivitas kerja guru dengan koefisien jalur 0,557. Ketiga, adanya pengaruh supervisi akademik secara langsung positif terhadap kerja sama tim dengan koefisien jalur 0,383. Berdasarkan hasil penelitian ini, efektivitas kerja guru dapat ditingkatkan dengan supervisi akademik yang dilakukan secara tepat. Kerjasama tim melalui koordinasi, aktivitas interpersonal, tanggung jawab, dukungan antara individu dan kerjasama dapat meningkatkan efektivitas kerja guru.
References
Daft, Richard L. The Leadership Experience 4th Edition. USA: Thomson-South Western, 2008.
Davys, Allyson and Liz Beddoe. Best Practice in Professional Supervision: A Guide for The Helping Profession. London: Jessica Kingsley Publishers, 2010.
Drucker, Peter F. Management: Tasks, Responsibilities, Practices, Classics in Organization and Management Series. Worburn: Truman Talley Books, 2001.
Fathurrrahman, Pupuh dan AA. Suyana. Supervisi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama, 2011.
Foster, S. Thomas. Managing Quality, Integrating The Supply Chain, Fourth Edition. New Jersey: Pearson, 2010.
Gibson, James L and John M. Ivancevich. Organization. New York: The McGraw Hill Companies, 2006.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Robbins, Stephen P dan Mary Coulter. Management 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall, 2012.
Schermerhorn, John R. Jr. Management. New York: John Wiley & Sons, Inc, 2005. Schermerhorn, John R. Jr, James G. Hunt and Richard N. Osborn. Organizational Behavior
9th Edition. Danvers: Wiley International Edition, 2005.
Sergiovanni, Thomas J, dan Robert J. Starratt. Supervision A Redefinition. New York: The Mc-Graw-Hill Companies, Inc, 2002.
Shani, A.B. Rami et.al. Behavior in Organizations an Experiential Approach. New York: The McGraw Hill Companies, Inc, 2009.
Stoner, James A.F. and R. E. Freeman. Management. New Jersey: Prentice Hall International Edition, 1995.
Stoller, Nathan. Supervision and the Improvement of Instruction. New Jersey: Educational Technology Publication, Inc, 2001.
Waddell, Dianne and Jennifer Devine, et.al., Contemporary Management. Australia: McGraw-Hill Irwin, 2009.
Wiles di dalam Rogayah. Profesi Kependidikan. Bogor: Ghalia Indones ia, 2011.
Copyright (c) 2021 Arif Hidayatulloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.



