Model Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2022 / 2023

  • Arum Fatmala TAHFIDZUL QUR’AN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH ULA IBNU ABBAS WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN
  • Anas
Keywords: Model Pembelajaran, Teknis Pembelajaran ,Metode Tahfidzul Qur’an

Abstract

Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan mendapat perhatian tersendiri karena menjadi program unggulan sekolah. Sehingga kurikulumnya pun dibuat secara mandiri. Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan disesuaikan dengan usia anak tingkat ula atau dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas serta kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah koordinator program kurikulum, koordinator program tahfidz, ustadz/ustadzah dan santri. Adapun yang menjadi data sekunder adalah buku prestasi hafalan santri, laporan perkembangan hafalan santri dan dokumentasi foto kegiatan hafalan Tahfidzul Qur’an. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan adalah dengan bentuk halaqoh-halaqoh tiap kelas dengan kelompok halaqoh dibentuk berdasarkan tingkat pencapaian hafalan santri. Adapun strategi yang dilakukan adalah menenutukan pengampu tahfidz yang berkompeten dan menentukan halaqoh. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an bervariatif, yakni dengan sistem talaqqi dan taqrir dengan model evaluasi yaitu sabaq , sabqi , dan manzil. Adapun untuk evaluasi pembelajaran Tahfidzul Qur’an adalah dengan evaluasi akhir semester, dan tasmi’. Kelebihan model pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan adalah alokasi waktu, metode yang berfariatif, sistem evaluasi yang rutin. Adapun kekurangannya adalah terbatasnya tenaga pendidik yang kompeten dibidang Tahfidzul Qur’an dan terbatasnya sarana prasarana.

References

Mazyad , Ahmad dan Adil Asy-Syady.2018.”Nasihat Agung Untuk Muslimah Pecinta Al Qur’an”.Jakarta:Darul Haq
Al Hafizh , Abdul Aziz Rauf.2004.”Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur’an Da’iyah”.Bandung: PT. Syaamil Cipta Media.
Ferdinan,2018,”Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’am (Studi Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Sulawesi Selatan)”. Jurnal Tarbawi Volume 3 No 1.
Abdul Qoyyum.”Keajaiban Hafalan (bimbingan bagi yang ingin menghafal al Qur’an)”.
Jogjakarta: Pustaka Al Haura.
Eldeeb ,Ibrahim.2009.”Be A Living Qur’an”. Tangerang:Lentera Hati.. Mahfud,Rois.2011.”Al-Islam: Pendidikan Agama Islam”.Jakarta :Erlangga Nawawi,Rif’at Syauqi i.2011.”Kepribadian Qur’ani”.Jakarta: Amzah
Munawwir,Warson dan Ahmad.1997.”Kamus Al-Munawwir”.Yogyakarta: Pustaka Progres.
Ansari,Muhammad Iqbal dan Muallimuna.2017.Jurnal:” Pelaksanaan Karantina Tahfidz Al-Qur’an 30 Hari Untuk Siwa Sekolah dasar dan madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin Jurnal Madrasah Ibtidaiya”. Volume 2. No.2
Zulfitria.2017.Jurnal: “Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Naturalisme: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan
Pembelajaran 1,2”
Majid ,Abdul.2013.”Strategi Pembelajaran”.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Buna’i.2021.”Perencanaan dan Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam”.
Surabaya:CV.Jakad Media Publishing.
Mustika ,Dea.2022.”Model-model Pembelajaran IPA SD dan Aplikasinya”.Solok: Mitra Cendekia Media.
Komsiyah ,Indah.2012.”Belajar dan Pembelajaran”.Yogyakarta:Teras,hlm.21.
Mustakim,Zaenal.2011.”Strategi Dan Metode Pembelajaran”.Pekalongan:STAIN Pekalongan Press,hlm:112.
Al-Faruq, Umar.2014.”10 Jurus Dahsyat Menghafal Qur’an”.Surakarta: Ziyad.
Ibnu Rushd, Raisa Maula.2015.”Panduan Tahsin,Tajwid,dan Tahfidz untuk pemula”.Yogyakarta: Saufa.
B. Uno , Hamzah.2009.”Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif & Efektif )”.Jakarta: Bumi Aksara.
Depdikbud.2022.”Kamus Besar Bahasa Indonesia “.Jakarta: Balai Pustaka.

Syamsuddin dan Vismaia.2006.”Metode Penelitian Pendidikan Bahasa”.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto,Suharsimi.2007.”Manajemen Penelitian”.Jakarta: Rieneka Cipta Tanzeh ,Ahmad. 2011.”Metodologi Penelitian Praktis”.Yogyakarta:Teras.
J.Moleong ,Lexy.2012.”Metodologi Penelitian Kualitatif”.Bandung: PT Remaja RosdaKarya
Published
2021-10-04