IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PEMBELAJARAN DI SMK AL-ISLAH KEBAGUSAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan sistem informasi pendidikan dalam pengelolaan akademik, dan pemenuhan kebutuhan sistem (hardware dan software) dalam mendukung pelayanan sistem informasi berbasis teknologi pendidikan di sekolah. Pelayanan bagian pendidikan memiliki peran penting dalam sistem informasi pendidikan, terutama dalam perencanaan, pengawasan, pemantauan dan evaluasi. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas lebih lanjut tentang penerapan sistem informasi berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan belajar-mengajar di SMK Al-Islah. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan metode deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelayanan akademik sudah cukup baik, pelaksanaan pengelolaan akademik dilakukan oleh kepala sekolah dan tim akademik sistem informasi manajemen dan hasilnya cukup baik. Meski demikian, saluran informasi belum berjalan secara maksimal.
References
Yogyakarta : UNY Press.
Fachrudin Yusuf,Wiwin. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 (K13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Al-Murabbi, Vol. 3, No. 2.
Karim, Abdul, dkk. 2020. Pengantar Teknologi. Labuhanbatu: Yayasan Labuhanbatu Berbagi Gemilang.
Mayasari, Annisa, dkk. 2021. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. (JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 5, September), hlm. 340-345
Saputra, Agus. 2012. Membuat Aplikasi Absensi Dan Kuesioner untuk Panduan Skripsi. Yogyakarta: PT. Elex Media Koputindo.
Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Copyright (c) 2021 muhammadade sulaiman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.



