PELAKSANAAN MANAJEMEN SUPERVISI PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

  • Hafiedh Hasan STIT Pemalang
Keywords: Manajemen, , Supervisi, Kinerja Guru

Abstract

Manajemen merupakan serangkaian kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, mengendalikan dan mengembangkan segala upaya dalam mengatur dan mendayagunakan sumber daya manusia, sarana dan prasarana secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Jika pengertian manajemen diterapkan pada usaha pendidikan yang terjadi pada suatu organisasi, Arikunto mendefinikan manajemen pendidikan sebagai suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya agar efektif dan efisien. Supervisi kepala sekolah merupakan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan evaluasi dan pembinaan yang bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran bagi guru. Tujuan yang menjadi sasaran dari supervisi akademik adalah guru dalam proses pembelajaran, yang terdiri dari materi pokok dalam proses pembelajaran, penyusunan silabus dan RPP, pemilihan strategi/metode/teknik pembelajaran, penggunaan media dan teknologi informasi dalam pembelajaran, menilai proses pembelajaran dan hasil pembelajaran.

Kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran adalah kesanggupan atau kecakapan para guru menciptakan suasana komunikasi yang edukatif antara guru dan siswa yang mencakup suasana kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai upaya mempelajari sesuatu berdasarkan perencanaan sampai dengan tahap evaluasi dan tindak lanjut agar mencapai tujuan pengajaran. Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kinerja guru adalah seluruh aktivitas guru baik dari perencanaan program pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, membimbing dan melatih siswa dan melakukan tugas tambahan dengan penuh tanggung jawab mengeluarkan seluruh kemampuan guru tersebut agar dapat menghasilkan kinerja yang baik.

Author Biography

Hafiedh Hasan, STIT Pemalang

hafiedh2.jpg

References

20, U.-u. R. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.
2005, U. R. (2014). Undang-undang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.
Ametebun. (1981). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ametembun, N. (2007). Supervisi Pendidikan Disusun Secara Berprogram. Bandung: Suri.
Aminah, S. (2010). Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Kinererja Guru dalam Media Sekolah, Edisi 57 Tahun III.
Atmodiwiryo, S. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia . Jakarta: PT. Ardadizya-Jaya.
Basith, A. (2008). Islam dan Manajemen Koperasi Prinsip dan Strategi PengembanganKOperasi di Indonesia. Malang: UIN-Malang Press.
Daryanto. (2011). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ke-3). Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bukul, Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Balitbang. Depdiknas.
E.Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
E.Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT.Remaja Sodakarya.
E.Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT.Remaja Sodakarya.
Fahmi, I. (2014). Manajemen, teori Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
Fathurrohman, M. (2015). Sukses Menjadi Pengawas Sekolah Ideal. Yogykarta: arruz media.
Hadi, S. (2007). KOmpetensi Yang Harus Dimiliki Seorang Guru. Wordpress.
Hamalik. (2003). Hasil Lokakarya Pembinaan KurikulumPendidikan Guru UOI. Bandung.
Herabudin. (2009). Administrasi dan SupervisiPendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Iskandar, M. d. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.
Lamatenggo, H. U. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Maisah, M. d. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.
Majid, A. (2016). Pengembangan Kinerja Guru. Yogyakarta: Samudra Biru.
Makbuloh, D. (n.d.). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Makin, B. &. (2010). Manajemen Pendidikan Islam Transformasi MenujuSekolah Madrasah Unggul. Malang: UIN Maliki Press.
Maryono. (2011). Dasar-dasar dan Teknik Menajadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Masrum. (2021). Kinerja Guru Profesional. Jawa Tengah: CV.Eureka Media Aksara.
Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetisi dan Sertifikasi Guru . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasional, D. P. (2007). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional RI No. 13Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah Madrasah . Jakarta.
Nawawi, H. (1993). Administras Pendidikan. Jakarta: Haji Mas Agung.
Nawawi, H. (1993). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Haji Mas Agung.
Priansa, D. J. (n.d.). Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Sodakarya.
Retnoningsih, S. d. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia EdisiLux, cet-1. Semarang: Widya Karya.
Rifai, M. (1982). Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemmars.
Sagala, S. (2000). Administrasi Pendidikan KOntemporer. Bandung: Alfabeta.
Sahartian, P. (2008). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahertian, P. A. (2008). Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan SDM. Jakarta: Rineka Cipta.
Siagin, S. P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktifitas Kerja. Jakarta: PT. Rinca Cipta.
Siburian, N. T. (2018). ”Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru”.
Simamora, H. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.
Sisdiknas, U. (2003).
Subroto, S. (1988). Dimensi-dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara.
Sudiyono, L. D. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: GAva Media.
Sudjana, D. (2004). Manajemen Program PendidikanUntuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Produscion.
Sugi. (2020). Supervisi Kepala Sekolah (Teori dan Implementasi). Temanggung: CV. Asna Pustaka.
Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Suprapto. (2000). Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprayitno, M. d. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Aditama.
Suprayitno, M. d. (n.d.). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam.
Terry, G. R. (1986). Principles Of Management, ter. Winardi. Bandung: Alumni.
Umiarso, A. W. (2010). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Usman, H. (2006 ). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, H. (2013). Manajemen (Teori, Praktik dan Riset). Jakarta: Bumi Aksara.
UzerUsman, M. (2003). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Wahyusumidyo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjau Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yuliana, S. A. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Published
2022-04-12