MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DALAM PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK

  • Yuli Retno Hapsari SDN 2 Tegal
  • Imam Faizin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
Keywords: Full Day School, Karakter Religius

Abstract

Dalam upaya memperbaiki manajemen pendidikan khususnya dalam manajemen pembelajaran diterapkannya sistem pembelajaran full day school sebagai bentuk alternatif. Sistem full day school merupakan sekolah sehari penuh yang dirancang memberikan pembelajaran yang bermutu, membentuk akhlak peserta didik yang lebih baik dengan pembiasaan yang diberikan, serta prestasi yang didapatkan lebih maksimal dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen full day school dalam peningkatan karakter religius peserta didik. Penelitian ini adalah jenis penelitian jenis penelitian kajian pustaka atau studi kepustakaan yang berisi teori-teori yang relevan dengan masalah-masalah dalam penelitian yang diambil oleh peneliti. Metode pengumpulan data dengan cara mencari data melalui internet, studi pustaka, studi literatur yang berkaitan dengan pembahasan dalam judul penelitian yang diambil. Full day school memberikan pengawasan kepada peserta didik ketika orang tua sibuk bekerja, tidak sanggup memberikan pengawasan yang baik setiap hari, guru dan sekolah akan mengambil alih peran besar dalam pendidikan anak. Full day school mencoba membentuk karakter religius peserta didik baik dalam ketaqwaan kepada Tuhan Yang maha Esa maupun dalam praktek kehidupan sosialnya.

References

Alivermana Wiguna, Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Deepublish, 2014), hal. 161.
Alwan Khoiri Dkk, Akhlak Tasawuf (Yogjakarta: Pokja Akademik, 2005), 13.
Anggit Grahito Wicaksono, “Fenomena Full Day School dalam Sistem Pendidikan Indonesia”, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 1 No. 1 (2018): 10. 5/
Baca, Bryan C. Hassel et. al., Education Reforms for the Digital Era (Washington, D.C.: Thomas Fordam Institute, 2012).
Baharuddin, Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010), hal. 223-225.
Baharuddin, Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009), hal. 227-228.
Dyah Sriwilijeng, Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter, (Jakarta: Erlangga, 2017), hal. 8.
E Mulyasa, Manajemen Pendidikan karakter, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018), hal.
166.
Eny Wahyu Suryati, “Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Religius”, Jurnal Seminar Nasional Hasil Riset, 2018.ISSN Online: 2622-1284. hal. 256-257.
Hamid Hasan, Evaluasi Kurikulum, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014), hal. 216.
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implikasinya (Bandung: Alfabeta, 2012), hal. 7.
Ibid., hal. 217.
Ibid., hal. 227.
Jamal Ma’mur Asmani, Full Day School, (Yogyakarta.Ar-Ruzz Media, 2017), hal. 49.
J Piaget, The Language and Thought of the Child, (Harcourt Brace, New York, 1926).
John M. Echols & Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996), hal. 259.
M. Najib, dkk, Manajemen Masjid Sekolah sebagai Laboratorium Pedidikan Karakter, (Yogyakarta: Gava Media, 2014), hal. 53.
Moh Ahsanulkhaq, “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan”, Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol.2 No.1, 2019, hal. 21-33.
Moh Ahsanulkhaq, “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan”, Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol.2 No.1, 2019, hal. 21-33.
Novan Ardy Wiyani, Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management, (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2018), hal. 92.
Ranbir Singh Malik, “Educational Challenges In 21st Century And Sustainable Development”, Journal of Sustainable Development Education and Research, Vol. 2, No.1 (2018): 9-20.
Salwa Habibatullah dkk, “Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4 No. 2 (April 2021), 2-3.
Shodiq Abdullah, Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Teori, dan Aplikasi, (Semarang: Pustaka Rizki Putra), hal. 161.
Sri Nurwanti, Op., Cit, hal. 39.
Sudarsono, Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1991), hal. 7.
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Bandung: Citra Umbara, 1995), hal. 8.
Tristiyo Hendro Yuwono, “Full Day School: Realisasi Pembentukan Karakter Anak” Jurnal Pigur, Vol. 01 No. 01 (Januari 2017), 74-75.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Amplikasinya Dalam Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2011), hal. 1.
Published
2022-09-28