KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

  • Husna Dianti Putri STIT Pemalang
  • Hafiedh Hasan
Keywords: Keterampilan Manajerial, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru guna mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel ini.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dengan melakukan desk riset, peneliti memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam terhadap masalah yang diteliti. Pengumpulan data konsep yang dipelajari, analisis konseptualisasi, lalu menuju kesimpulan dan saran. Pengumpulan data yang digunakan diambil dari textbook, jurnal, artikel ilmiah, tinjauan pustaka yang memuat konsep-konsep yang diteliti. Analisis dimulai dengan hasil pencarian yang dianggap paling relevan.

Hasil penelitian ini adalah: menurut data literasi yang di dapat, keterampilan manajerial kepala sekolah menjadi salah satunya faktor yang menjadi pemicu yang berdampak kuat terhadap tingkat kinerja guru di sekolah. Pada umumnya kemampuan manajerial seorang kepala sekolah terletak pada technical skill (kemampuan teknik), human skill (kemampuan hubungan kemanusiaan) dan conceptual skill (kemampuan konseptual). Keterampilan manajerial yang di miliki kepala sekolah menjadi salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, mekanisme evaluasi dan supervisi, fasilitas teknologi informasi dan komunikasi    serta    fasilitas yang ada dilingkungan sekolah.

Published
2023-11-16