KONSEP DASAR DAN RUANG LINGKUP MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN PADA BIDANG AGAMA DAN PESANTREN

KONSEP DASAR DAN RUANG LINGKUP MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN PADA BIDANG AGAMA DAN PESANTREN

  • Karisma Asratiana STIT Pemalang
  • Anas
Keywords: Manajemen, Pendidikan Pesantren, Tradisi

Abstract

Pesantren merupakan institusi pendidikan keagamaan tertua di Indonesia. Keberadaannya menjadi bagian penting dari dinamika sejarah dan perkembangan peradaban bangsa. Sebagian ahli mengenal kebanyakan pesantren nusantara dengan model sistem pendidikan berbasis tradisi. Di satu sisi, arus ini menjadi semacam prinsip dan ideologi yang seyogyanya dipertahankan orisinalitasnya. Namun di sisi yang lain, progresifitas dalam berbagai lini menjadi keniscayaan dalam rangka pemenuhan hajat kemanusiaan yang semakin dan terus berkembang dan juga sebagai wujud kesiapan warga pesantren untuk bersaing dengan masyarakat global. Oleh karena alasan kedua, maka pesantren membutuhkan manajemen pendidikan yang terbarukan disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan utamanya menjadi jembatan akan pencapaian visi al-muhafadzah ‘ala al- qadim al-shalih wal-akhdzu bi al-jadid al-ashlah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian.

Artikel ini mendiskusikan berbagai hal yang memungkinkan bagi pesantren untuk selain menjadi poros utama dalam pembentukan karakter bangsa juga memberikan kontribusi positif untuk menjawab tantangan perkembangan dan kemajuan zaman. Manajemen tersebut meliputi optimalisasi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sistem pelaksanaan sistem pendidikan pesantren.

Published
2023-11-16