STRATEGI PIMPINAN DALAM MEWUJUDKAN KETERCAPAIAN VISI DAN MISI DI MTs MA’ARIF NU 07 SELAKAMBANG PURBALINGGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) perencanaan strategi visi dan misi di MTs Ma’arif NU 07 Selakambang, (2) strategi yang dilakukan oleh pimpinan dalam mewujudkan ketercapaian visi dan misi di MTs Ma’arif NU 07 Selakambang Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) perencanaan strategi dalam mewujudkan ketercapaian visi dan misi di MTs Ma’arif NU 07 Selakambang dilakukan melalui EDM (Evaluasi Diri Madrasah), dalam merumuskan visi dan misi dilakukan secara bersama-sama dengan mengacu pada pedoman pembuatan visi dan misi dari PC Ma’arif NU Purbalingga. Dalam merealisasikan visi dan misi dengan melakukan sosialisasi, dan menempel poster visi misi di lingkungan sekolah, (2) strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mewujudkan ketercapaian visi dan misi yaitu dengan melakukan fungsi administrasi dan fungsi supervisi. Strategi dari waka kurikulum yaitu membagi tugas guru sesuai dengan pendidikannya, membuat kegiatan siswa, menentukan guru sebagai wali kelas dan guru piket dan menyusun jadwal pelajaran. Strategi dari waka kesiswaan yaitu, membuat program kegiatan siswa, memaksimalkan potensi semua warga sekolah dalam melaksanakan program kegiatan, memaksimalkan siswa yang memiliki kemampuan tertentu, mengurus siswa yang melanggar tata tertib. Strategi yang dilakukan oleh kepala bidang TU yaitu dengan menjalankan kegiatan administrasi secara maksimal.
Copyright (c) 2023 lilis Lilis Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.



