MENANAMKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK MELALUI CERITA-CERITA DALAM AL-QUR’AN

  • Suhadi STIT Pemalang
Keywords: Kecerdasan Emosional, Cerita

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, mengetahui bentuk-bentuk cerita dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, mengetahui potensi cerita-cerita dalam Al-Qur’an sebagai salah satu alat untuk menanamkan kecerdasan emosional pada anak dan mengetahui kaidah-kaidah penggunaan cerita-cerita dalam Al-Qur’an sebagai alat untuk menanamkan kecerdasan emosional pada anak.

Metode Penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan (library research), yaitu dengan cara membaca dan memahami literatur-literatur  yang berkaitan dengan judul yang menjadi pembahasan.

Secara umum kisah-kisah dalam Al-Qur’an dapat digunakan sebagai media untuk menumbuhkan kecerdasan emosional pada anak. Namun demikian, dalam penggunaannya, sebaiknya pemilihan kisah-kisah yang akan diceritakan itu, disesuaikan dengan ranah masing-masing kecakapan kecerdasan emosional yang akan ditumbuhkan pada anak.

Published
2023-12-06