ANALISIS PENGARUH REKRUTMEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI STUDI KASUS PADA PERGURUAN TINGGI DHARMA WACANA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel
rekrutmen terhadap kinerja pegawai pada Perguruan Tinggi Dharma Wacana Metro.
Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 110 orang dengan jumlah sampel
sebanyak 78 responden. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif
dengan tujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis dan faktual mengenai
hubungan antara fenomena yang diselidiki terkait dengan rekrutmen terhadap kinerja
pegawai pada Perguruan Tinggi Dharma Wacana.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana yang dilakukan bahwa rekrutmen
memiliki koefisien regresi nilainya sebesar 0,408 dengan peningkatan 1%. Uji hipotesis
pada uji t-statistik miliki nilai (4,117) > t-tabel 1,992 dengan signifikan 0,000 < (α ═ 0,05),
yang berarti bahwa rekrutmen benar berpengaruh secara signifikan dengan arah hubungan
positif terhadap kinerja pegawai. Rekrutmen berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai
sehingga persamaan regresinya adalah y= 36,910 + 0,408 X. Hal ini menunjukan bahwa
korelasi antara rekrutmen terhadap kinerja pegawai pada Perguruan Tinggi Dharma
Wacana memiliki korelasi yang sedang dan rekrutmen mempunyai pengaruh sebesar
16,6% terhadap kinerja pegawai dan sisanya dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini.
Dari uraian diatas, penulis menyarankan bahwa salah satu cara yang tepat untuk
meningkatkan kinerja pegawai adalah dengan memberikan hadiah kepada karyawan
berprestasi sehingga dapat membuat pegawai saling berkompetisi untuk memberikan
kinerja yang lebih baik lagi
Copyright (c) 2024 eka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.