MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 CIKARANG PUSAT KABUPATEN BEKASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen perencanaan, implementasi dan
evaluasi kurikulum. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan
informan berjumlah 6 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah
bidang kurikulum dan guru-guru SMAN 1 Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi.
Teknik pengumpulan data melalui tiga cara, yaitu observasi, studi dokumen, dan
wawancara. Teknik analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data reduction,
analisis data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat evaluasi menyeluruh
terhadap kebutuhan siswa, perkembangan pendidikan, dan tuntutan dunia kerja,
kolaborasi antara wakil kepala sekolah, tim guru dan pakar pendidikan. Kedua,
manajemen implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu
pendidikan dengan cara: melibatkan pelatihan, dukungan kepada guru dalam
pembelajaran inovatif dan guru didorong untuk menggunakan metode pembelajaran yang
aktif, kolaboratif, dan kontekstual. Ketiga, evaluasi berkelanjutan dan holistik termasuk
guru, siswa, orang tua, staf sekolah, dan komunitas lokal. Kolaborasi dan komunikasi yang
baik antara semua pihak akan membantu memastikan kesuksesan implementasi kurikulum
merdeka belajar dan peningkatan mutu pendidikan di SMAN 1 Cikarang Pusat Kabupaten
Bekasi.
Copyright (c) 2024 Nasri Kurnialoh, Solihin Sari, Mohamad Rifki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.