MANAJEMEN PESERTA DIDIK SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN
Abstract
Manajemen peserta didik sebagai proses yang mengatur semua bentuk aktivitas
siswa menjadi tolak ukur keberhasilan dalam upaya menggapai tujuan pendidikan secara
efektif dan efisien. Tujuan dari manajemen peserta didik adalah untuk mengatur segala
bentuk kegiatan yang menunjang proses pembelajaran agar peserta didik menjadi tertib
dan lancar sehingga memberikan dampak pada tujuan pendidikan secara keseluruhan.
Keberhasilan pendidikan sebagi bentuk wujud disiplin di kalangan siswa dalam
kondisi yang sesuai antara sikap dan perilakunya dengan nilai dan aturan madrasah.
Madrasah perlu melakukan upaya terbaik untuk menjalankan peraturan sehingga ia bisa
menjadi tempat yang nyaman bagi siswa untuk belajar. Untuk mengambil tindakan
disiplin, guru harus mempertimbangkan aspek psikologis setiap siswa.
Dengan metode model library research, kajian ini menunjukkan bahwa manajemen
peserta didik menghasilkan kegiatan yang dapat menunjang perkembangan potensi
peserta didik berupa pemberian layanan kepada siswa di suatu lembaga pendidikan, baik
di dalam maupun di luar jam belajarnya di kelas; pembinaan peserta didik dapat dilakukan
pada orientasi siswa baru, pembinaan kedisiplinan dengan menghasilkan sikap,
penampilan, dan tingkah laku siswa sesuai dengan tatanan nilai, norma, dan ketentuanketentuan yang berlaku
Copyright (c) 2024 Aliyatus Sania, Muhamad Irfan, Suhadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.