MANAJEMEN KEPEMIMIMPINAN DAN RELEVANSINYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AS-SYIFA KAJEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kiai didalam kehidupan pesantren.
Kegiatan yang berada dipesantren tidak dapat terlepas dari peran kepemimpinan kiai. Kiai
menjadi sentral utama didalam pesantren sehingga kepemimpinanya sangat berpengaruh
terhadap pesantren. Oleh karena itu, kepemimpinan didalam pesantren harus memiliki arah
yang baik sebagai langkah membentuk dan meningkatkan mutu pesantren.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) manajemen kepemimpinan kiai
dipesantren memiliki pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan kegiatan di pondok
pesantren tahfidzul Qur’an AS-Syifa Kajen. Untuk membentuk santri yang patuh terhadap
peraturan dan pembelajaran pesantren kiai harus senantiasa memberikan arahan berupa
uswah hasanah dan pemberian pesan-pesan melalui kajian dan pengajaran kitab kuning
serta media lainnya. (2) strategi yang dilakukan para pemimpin di pondok pesantren
tahfidzul Qur’an AS-Syifa dalam mewujudkan ketercapaian mutu pendidikan yang baik di
pondok pesantren tahfidzul Qur’an As-Syifa yaitu dengan melakukan pembiasaan
kedisiplinan santri dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam keseharian serta
memberikan takziran kepada santri jika tidak disiplin dalan menjalankan kegiatan. (3)
faktor yang mempengaruhi relevansi manajemen kepemimpinan dan mutu pendidikan di
pondok pesantren tahfidzul Qur’an As-Syifa Kajen. Kiai sebagai tokoh utama pesantren
memiliki pengaruh yang besar terhadap jalannya pondok pesantren.
Copyright (c) 2024 Salma Selfiyana, Ahmad Tarifin, Dinda Wulandari, Diffa Faizah, Hilal Tafattuhil Arzaq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Promis is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.