https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/issue/feed Promis 2025-04-22T14:01:03+08:00 Hafiedh Hasan hafiedhasan@stitpemalang.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Promis</strong> adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi managemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang manajemen pendidikan dan pengembangan khususnya pada lembaga pendidikan Islam. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi MPI dan publikasi karya ilmiah dosen dan pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. <strong>Promis </strong>terbit pada Edisi <strong><em>Maret </em></strong>dan <strong><em>September </em></strong>setiap tahunnya.</p> https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/814 PERAN AKTIF BERORGANISASI TERHADAP PERKEMBANGAN KARIR DAN JIWA KEPEMIMPINAN DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kualitatif di Kampus Institut Agama Islam Pemalang) 2025-04-22T14:01:01+08:00 Husna Dianti Putri husnadianty@gmail.com <p>The aim of this research is to determine students' attitudes towards organizational activities in <br>career adaptation in the local area. The benefits of research include theoretical benefits and <br>practical benefits. The method used in this research is to conduct a literature review and <br>conduct an observational study based on previous research. Through library research, <br>researchers examine and collect data through various sources and readings that support and <br>are relevant to the research. The results of this research focus the discussion on the importance <br>of organizational experience in training soft skills for students. All respondents answered that <br>organizational experience in training soft skills for students is very important, because <br>organizing can build soft skills that we have not mastered so far, so that we can master them <br>more. master its development, and has many benefits that can be applied on campus and in <br>society. Apart from that, students who are active in organizations are generally more likely to <br>get a job even though they are still active in college.</p> 2025-04-22T13:49:44+08:00 Copyright (c) 2025 Husna Husna Dianti Putri https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/1135 KOMUNIKASI MANAJERIAL DALAM PENDIDIKAN 2025-04-22T14:01:02+08:00 Mela Rosita melarosita@gmail.com <p>Komunikasi dalam sebuah lembaga pendidikan sangat menentukan terhadap kehidupan lembaga tersebut secara keseluruhan. Komunikasi adalah unsur vital yang tidak dapat terpisahkan dengan organisasi yang prosesnya berkesinambungan, efektivitas komunikasi menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan efisiensi dengan mana organisasi melakukan secara keseluruhan. Kunci berjalan baiknya pengelolaan organisasi adalah adanya komunikasi. Begitu juga dengan pengembangan pengelolaan pendidikan juga dipengaruhi oleh komunikasi manajerial yang terjadi antara pimpinan lembaga pendidikan (kepala madrasah/ kepala sekolah) dengan guru sebagai <em>key success factors</em>-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana komunikasi manajerial pimpinan lembaga pendidikan dan guru dalam pengeloaan pendidikan. Kemudian diperinci lagi untutk mengungkap bagaimana komunikasi manajerial interpersonal dan komunikasi organisasi pimpinan lembaga pendidikan dan guru, serta implikasinya dari komunikasi tersebut dalam pengelolaan pendidikan.</p> 2025-04-22T13:50:08+08:00 Copyright (c) 2025 Mela Rosita https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/560 MEMBUMIKAN PENDIDIKAN AKHLAK MULIA PADA ANAK USIA DINI DI TK TAHFIDZ AR ROSIAH (Studi Tentang Sistem Pengelolaan Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Serta Dampaknya Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di TK Ar Rosiah ) 2025-04-22T14:01:02+08:00 Mujiningsih mujining@gmail.com Anas anas@stitpemalang.ac.id <p><em>Keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan saat ini, pendidikan akhlak mulia tidak ada batasan waktu, pendidikan akhlak mulia akan berhasil jika ada keteladanan atau uswah hasanah, metode pendidikan yang diajarkan oleh nabi Muhammad shalallahu'alaihi Wasallam adalah dengan perintah dan larangan. Kedamaian negara dan rumah tangga diwujudkan oleh orang-orang yang berakhlak mulia, namun fenomena yang ada saat ini menggambarkan bahwa banyak masyarakat kita yang mengalami krisis akhlak mulia, namun di sisi lain akhlak yang buruk banyak diperlihatkan, bahkan secara tidak sengaja diajarkan kepada generasi selanjutnya. generasi, keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan saat ini, pendidikan akhlak mulia tidak ada batasan waktu, pendidikan akhlak mulia akan berhasil jika ada keteladanan atau uswah hasanah, metode pendidikan yang diajarkan oleh nabi Muhammad shalallahu'alaihi Wasallam adalah dengan perintah dan larangan pendikan akhlak wajib diberikan kepada anak sebagai modal untuk mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat oleh karena itu pendidikan akhlak sangat penting diberikan kepada anak sejak usia dini dengan tujuan anak dapat mengetahui dan mengamalkan akhlak yang mulia yang harus dikerjakan baik itu akhlak yang berhubungan dengan Allah sesama manusia dan lingkungan.</em></p> 2025-04-22T13:50:55+08:00 Copyright (c) 2025 Mujiningsih, Anas https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/1026 PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI SMKN 1 PANGANDARAN 2025-04-22T14:01:03+08:00 Dela Zahara dezadelazahara@stitnualfarabi.ac.id Ai Siska Zilvia Aisiska@gmail.com <table width="604"> <tbody> <tr> <td width="604"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komite sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di SMKN 1 Pangandaran, dengan fokus pada pengadaan, pemeliharaan, dan penghapusan fasilitas pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite sekolah berperan aktif dalam setiap tahap pengelolaan sarana dan prasarana, mulai dari perencanaan hingga penghapusan barang. Peran komite sekolah mencakup empat fungsi utama, yaitu sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan mediator antara sekolah dan masyarakat. Meskipun telah melaksanakan tugasnya dengan maksimal, komite sekolah masih menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan lahan dan pendanaan. Meskipun demikian, pengelolaan sarana dan prasarana di SMKN 1 Pangandaran menunjukkan hasil yang memadai dengan pemeliharaan yang dilakukan secara rutin dan pengadaan yang berbasis kebutuhan dan prioritas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran komite sekolah sangat penting dalam memastikan kelancaran dan keberlanjutan kualitas sarana dan prasarana, yang pada gilirannya mendukung mutu pendidikan di sekolah.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2025-04-22T13:55:56+08:00 Copyright (c) 2025 Dela Zahara, Ai Siska Zilvia https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/1019 IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIDKAN DI TK ISLAM BAITUSSALAM 2025-04-22T14:01:03+08:00 Syafira Fadilah syafirafadilah5@gmail.com Nistia Tri Utari nistia.sriutari87@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran dan implementasi sistem informasi di TK Baitussalam guna meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan cara pandang bergaya induktik, yang berfokus terhadap makna infividual, dan menerjemahkan kompleksitas suatu persoalan, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan proses pembelajaran dan administrasi, sekolah ini telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk memfasilitasi berbagai aspek operasional. Yakni salah satu inovasi yang digunakan oleh TK Islam Baitussalam ialah aplikasi bernama Situs PAUD (Sistem Informasi Untuk Sekolah PAUD). Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan melakukan penilaian siswa secara sistematis dan efisien. Namun banyak kendala yang yang dihadapi TK Baitussalam ini yaitu mengenai kurangnya pemahaman dan kemampuan guru dalam menggunakan laptop, kendala dalam input pengelilaan data karena terbiasa manual.</p> <p>Dari uraian diatas, penulis menyarankan kepada TK Islam Baitussalam untuk agar SIM disesuaikan lagi dengan kebutuhan spesifik TK, termasuk fitur-fitur yang mendukung pembelajaran usia dini. Menambahkan modul tambahan seperti e-learning atau pelacakan perkembangan siswa secara interaktif. Memfasilitasi komunikasi antara guru dan orang tua, misalnya melalui aplikasi atau portal untuk pembaruan informasi terkait kegiatan sekolah, laporan kemajuan siswa, atau jadwal penting. Dan yang tak kalah penting adalah mengadakan pelatihan rutin bagi pengguna terutama guru untuk meningkatkan keterampilan teknologi agar SIM dapat digunakan secara maksimal</p> <p>Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Mutu Pendidikan, TK Baitussalam</p> 2025-04-22T13:56:37+08:00 Copyright (c) 2025 Syafira Fadilah, Nistia Tri Utari