https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/issue/feedJurnal Ilmiah Promis2023-12-06T05:55:13+00:00Hafiedh Hasanhafiedhasan@stitpemalang.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Promis</strong> adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi managemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang manajemen pendidikan dan pengembangan khususnya pada lembaga pendidikan Islam. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi MPI dan publikasi karya ilmiah dosen dan pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. <strong>Promis </strong>terbit pada Edisi <strong><em>Maret </em></strong>dan <strong><em>September </em></strong>setiap tahunnya.</p>https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/731STRATEGI PIMPINAN DALAM MEWUJUDKAN KETERCAPAIAN VISI DAN MISI DI MTs MA’ARIF NU 07 SELAKAMBANG PURBALINGGA2023-12-06T05:36:59+00:00Lilis Rahayulilis@gmail.comNanang Gesang Wahyudigesangselamanya@gmail.comKhariskharisalhaqir@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) perencanaan strategi visi dan misi di MTs Ma’arif NU 07 Selakambang, (2) strategi yang dilakukan oleh pimpinan dalam mewujudkan ketercapaian visi dan misi di MTs Ma’arif NU 07 Selakambang Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) perencanaan strategi dalam mewujudkan ketercapaian visi dan misi di MTs Ma’arif NU 07 Selakambang dilakukan melalui EDM (Evaluasi Diri Madrasah), dalam merumuskan visi dan misi dilakukan secara bersama-sama dengan mengacu pada pedoman pembuatan visi dan misi dari PC Ma’arif NU Purbalingga. Dalam merealisasikan visi dan misi dengan melakukan sosialisasi, dan menempel poster visi misi di lingkungan sekolah, (2) strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mewujudkan ketercapaian visi dan misi yaitu dengan melakukan fungsi administrasi dan fungsi supervisi. Strategi dari waka kurikulum yaitu membagi tugas guru sesuai dengan pendidikannya, membuat kegiatan siswa, menentukan guru sebagai wali kelas dan guru piket dan menyusun jadwal pelajaran. Strategi dari waka kesiswaan yaitu, membuat program kegiatan siswa, memaksimalkan potensi semua warga sekolah dalam melaksanakan program kegiatan, memaksimalkan siswa yang memiliki kemampuan tertentu, mengurus siswa yang melanggar tata tertib. Strategi yang dilakukan oleh kepala bidang TU yaitu dengan menjalankan kegiatan administrasi secara maksimal.</p>2023-12-06T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 lilis Lilis Rahayuhttps://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/732URGENSI PERCEPATAN PENJAMINAN MUTU PERGURUAN TINGGI MELALUI AKREDITASI PERGURUAN TINGGI2023-12-06T05:49:25+00:00Mitra Mitramitra@gmail.com<p>Daya saing merupakan salah satu barometer yang digunakan untuk mengetahui kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan oleh suatu perguruan tinggi. Evaluasi Mutu perguruan tinggi dilakukan melalui penerapan siklus PPEPP dibawah lembaga penjaminan mutu perguruan tinggi. Penekanan utama percepatan penjaminan mutu adalah upaya perbaikan mutu yang berkelanjutan sehingga tercipta budaya mutu menuju perguruan tinggi yang unggul dan dapat bersaing dalam skala nasional, regional dan internasional.</p> <p>Penelitian menggunakan studi kepustakaan yaitu dengan mengumpulkan data-data dari berbagai literatur yang sesuai dengan pembahasan pada penelitian. Sedangkan pendekatan yang digunakan kualitatif dengan mendeskripsikan dari hasil analisis yang telah dilakukan.</p> <p>Akreditasi merupakan salah satu bentuk evaluasi dari sistem penjaminan mutu eksternal yang bertujuan untuk menilai bahwa perguruan tinggi telah memenuhi kriteria mutu, mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.</p>2023-12-06T04:11:11+00:00Copyright (c) 2023 Mitra Mitra Mitra Mitrahttps://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/733MANAJEMEN KEMANDIRIAN PESANTREN BERBASIS KOPERASI DI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI2023-12-06T05:50:15+00:00Mokh Syaiful Bakhribakhri@gmail.comAshariashari@smpbp-au.sch.id<p>Departemen Agama RI menilai masih banyak pesantren yang belum mendiri sehingga perlu diupayakan kemandiriannya. Untuk itu Depag melauncurkan Peta Jalan Kemandirian Pesantren (2021). Penelitian ini mengkaji kemandirian pesantren berbasis kopontren di Pondok Pesantren Sidogiri (PPS).</p> <p>Tujuannya adalah untuk membuktikan kemandirian PPS Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang menganalisis data berupa pernyataan maupun dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bukti bahwa PPS merupakan pesantren yang mandiri baik dari aspek kelembagaan, manajemen, kurikulum, ketenagaan dan pendanaan.</p> <p>Kemandirian tersebut dicapai melalui implementasi prinsip-prinisp manajemen seperti perencanaan (<em>planning</em>), pengorganisasian (<em>organizing</em>), menggerakkan (<em>actuting</em>) dan pengawasn (<em>controlling</em>) dalam mengelola pesantren. Selain itu, penelitian juga menemukan adanya tujuh karakterisitik kemandirian PPS yaitu memiliki amal usaha yang mampu membiayai kebutuhan finansial pesantren, mampu mengelola finansialnya mulai dari saat santri mendaftar sampai <em>menyelesaikan studinya di pesantren, </em>mampu memenuhi kebutuhan pokok santri, mampu mengelola dan menentukan kurikulum pendidikan bagi para santri secara mandiri, tidak meminta bantuan dari pihak lain atau pemerintah untuk membangun pesantren. Selain itu, memiliki lembaga pendidikan, dakwah, sosial, ekonomi dan jaringan alumni yang menunjang kemandirian pesantren.</p>2023-12-06T04:13:24+00:00Copyright (c) 2023 Syaiful Bakhri Mokh. Syaiful Bakhrihttps://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/735USE OF BIG DATA IN EDUCATION MANAGEMENT: BUILDING DATA-POWERED DECISION MAKING2023-12-06T05:55:13+00:00Muh Ibnu Sholehibnusholeh@gmail.com<p>This study aims to analyze the impact of using big data in education management in an effort to improve the quality of education as a whole both in terms of the implementation, benefits and challenges of using big data in education management. The method used in this research is library research method. Data were obtained from various sources such as scientific journals, books, seminar papers and other relevant publications related to research topics both offline and online.</p> <p>The data obtained were analyzed using an interactive qualitative model. This data analysis technique consists of data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research are first, the implementation of big data in education management through data collection. Big data storage and processing. Data analysis for decision making and use of data analysis tools. Second, the benefits of using big data in education management include increasing the efficiency of education administration. Provide in-depth insight and information about students.</p> <p>Support curriculum development that focuses on student needs. Provides objective measurement of teacher and school performance. And improve predictions and interventions against educational risks. And third, challenges in implementing big data include challenges in collecting and analyzing complex data. Privacy protection and data security. Infrastructure system development. And an increase in user capabilities and skills. This research contribution can provide a deeper understanding of how the use of big data in education management can have a positive impact on improving the overall quality of education and can also provide a more detailed comparison between data-driven decision-making methods and traditional methods in the educational context.</p>2023-12-06T04:15:25+00:00Copyright (c) 2023 Ibnu Sholeh Muh Ibnu Sholehhttps://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/736MENANAMKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK MELALUI CERITA-CERITA DALAM AL-QUR’AN2023-12-06T05:51:32+00:00Suhadisuhadi@gmail.com<p>Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, mengetahui bentuk-bentuk cerita dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, mengetahui potensi cerita-cerita dalam Al-Qur’an sebagai salah satu alat untuk menanamkan kecerdasan emosional pada anak dan mengetahui kaidah-kaidah penggunaan cerita-cerita dalam Al-Qur’an sebagai alat untuk menanamkan kecerdasan emosional pada anak.</p> <p>Metode Penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan (<em>library research</em>), yaitu dengan cara membaca dan memahami literatur-literatur yang berkaitan dengan judul yang menjadi pembahasan.</p> <p>Secara umum kisah-kisah dalam Al-Qur’an dapat digunakan sebagai media untuk menumbuhkan kecerdasan emosional pada anak. Namun demikian, dalam penggunaannya, sebaiknya pemilihan kisah-kisah yang akan diceritakan itu, disesuaikan dengan ranah masing-masing kecakapan kecerdasan emosional yang akan ditumbuhkan pada anak.</p>2023-12-06T04:17:10+00:00Copyright (c) 2023 Hadi Suhadi