Promis https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis <p><strong>Promis</strong> adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi managemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang manajemen pendidikan dan pengembangan khususnya pada lembaga pendidikan Islam. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi MPI dan publikasi karya ilmiah dosen dan pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. <strong>Promis </strong>terbit pada Edisi <strong><em>Maret </em></strong>dan <strong><em>September </em></strong>setiap tahunnya, di mana masing-masing terbitan dimuat 5 (lima) artikel ilmiah.</p> en-US hafiedhasan@stitpemalang.ac.id (Hafiedh Hasan) anas@stitpemalang.ac.id (Anas) Sat, 19 Dec 2020 06:07:16 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN KURIKULUM TEMATIK https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/157 <p><em>Memasuki tahun pelajaran 2013 beberapa institusi pendidikan, baik di tingkat dasar ataupun sejajarnya mulai memberlakukan kurikulum baru sebagai model pelaksanaan pendidikan. </em><em>Kurikulum tersebut adalah Kurikulum Berbasis Tematik atau KBT. Orientasi kurikulum berbasis tematik mengarah pada bagaimana menciptakan peserta didik yang aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar. Posisi guru tidak lagi menjadi sumber belajar siswa. Guru hanya sebagai fasilitator dan mediator pembelajaran yang bersifat mengarahkan, dan memotifasi belajar siswa.</em></p> <p><em>Pelaksanaan kurikulum KBT ternyata tidak hanya pada sekolah-sekolah yang notabennya di bawah Depdiknas. Madrasah-madrasah di bawah Depag juga mulai memberlakukan kurikulum KBT sebagai kurikulum baru. Salah satu madrasah yang dimaksud adalah MI Salafiyah Gombong Warungpring. Penelitian ini merupakan kajian tentang proses pelaksanaan kurikulum KBT pada lembaga pendidikan tingkat dasar dengan mengambil lokasi penelitian di MI Salafiyah Gombong Warungpring.</em></p> <p><em>Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan memilih metode deskriptif ini karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk mensukseskan kurikulum KBT kebijakan yang diambil oleh MI Salafiyah Gombong adalah&nbsp; memberikan pemahaman kepada guru melalui berbagai kegiatan pelatihan dan workshop, membentuk badan KKGMI, dan pengadaan referensi. Kemudian pelaksanaan kurikulum dapat diketahui dari bagaimana kemampuan guru menyusun rancangan pembelajaran, model pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kemudian juga hasil pelaksananaan KBT di MI Salafiyah Gombong dapat dilihat dari kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan juga sikap siswa yang proaktif dalam mengikuti kegiatan dan pembelajaran dan pencapaian prestasi siswa dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> barep aji prakoso, Mustofa Kamal, , Ridwan, Ridwan Copyright (c) 2020 Promis https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/157 Fri, 11 Dec 2020 09:36:51 +0000 KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/161 <p><em>Penelitaian ini bertujuan u</em><em>ntuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan</em><em> dan </em><em>mengetahui relevansi konsep pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dengan konsep pendidikan Islam pada zaman sekarang.</em> <em>Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian Kepustakaan (Library Research). Dengan teknik pengumpulan data dokumenter yaitu penggalian bahan-bahan pustaka yang kohoren dengan objek pembahasan yang dimaksud. Sedangkan analisis data yang dipakai dengan analisis isi (content analysis).</em></p> <p><em>H</em><em>asil penelitian </em><em>menunjukan </em><em>bahwa konsep pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan adalah pendidikan yang mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan agama, menjaga keseimbangan, bercorak intelektual, moral dan religius. Hal tersebut terperinci kedalam tiga aspek yang meliputi: 1) tujuan pendidikan, 2) materi atau kurikulum pendidikan Islam, 3) metode atau teknik pengajaran. </em><em>4) kurikulum yang di kembangkan. </em><em>Kemudian Relevansi Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan Dengan Tujuan Pendidikan Nasional adalah: bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa</em><em>.</em> <em>M</em><em>ateri pendidikan yang K.H. Ahmad Dahlan gunakan ialah pendidikan moral, pendidikan individu, dan sosial. Sehingga mampu mencetak generani penerus bangsa yang taqwa, beriman dan berwawasan luas.</em></p> Yuliana Hermawanti, Nisrokha Nisrokha, wahyudin wahyudin Copyright (c) 2020 Promis https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/161 Sat, 19 Dec 2020 05:26:51 +0000 IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TINGKAT SEKOLAH DASAR https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/159 <p><em>Kurikulum 2013 diharapkan dapat implementasikan dan memenuhi standarisasi evaluasi belajar siswa dengan tujuan agar dapat meningkatkan kualitas yaitu dengan penerapan konsep baru dalam pembelajaran. Penerapan kurikulum 2013 tidak mudah diterapkan secara universal yang perlu adanya sosialisasi dan proses pengalaman.</em></p> <p><em>Implementasi kurikulum 2013 pada tingkat Sekolah Dasar yang diterapkan di SD Negeri 03 Sewaka Tahun Pelajan 2018/2019 memiliki tujuan </em><em>mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran, mengetahui hasil yang di capai kurikulum 2013</em> <em>dalam proses pembelajaran</em><em> dan </em><em>mengetahui evaluasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SD Negeri 03 Sewaka tahun 2018/2019</em>.</p> <p><em>Jenis penelitian yang digunaka yaitu dengan penelitian kualitatif, sedanngkan hasil dari penelitian yaitu: implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SD Negeri 03 Sewaka tahun 2018/2019 belum dilaksanakan ke seluruh tingkatan kelas dikarenakan SD Negeri 03 Sewaka,&nbsp; hasil yang di capai kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara efektif dan efisien serta evaluasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran agar dapat tercapai suatu hasil yang diharapkan.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> Fidia Nur Latifah, muntoha Muntoha, imam faizin Copyright (c) 2020 Promis https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/159 Sat, 19 Dec 2020 04:50:11 +0000 PERAN GURU TPQ DALAM MENGATASI KESULIATAN MEMBACA AL-QURAN https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/158 <p><em>Guru TPQ mempunya peran sangat penting dalam mendidik dan bacaan Al-Quran pada berkaitan tentang </em><em>bacaan</em><em> Al-Quran yang tidak lancar bacaannya, belum tepat cara membaca huruf hijaiyyah dan belum lancar dalam membaca. Kemampuan membaca Al-Quran merupakan hal sangat penting bagi umat Islam, sehingga perlu adanya pembelajaran sejak usia dini. Seperti yang dilaksanakan di TPQ Lu’luil Ma’nun desa Kebanggan kecamatan Moga.</em></p> <p><em>Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru TPQ dalam mengatasi kesulitan membaca dan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Quran siswa di TPQ Lu’luilma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga. Peneliitian menggunakan pendekatan kualitatif, lebih lanjut, mementingkan pada proses dibandingkan dengan hasil akhir. Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran Di TPQ&nbsp; Lu’luil ma’nun Desa Kebanggan Guru TPQ Lu’luil ma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran yaitu dengan cara menggunakan metode Al-Ma’arif metode yang mudah di pahami dan diterima oleh siswa siswi TPQ Lu’luil ma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga. Cara meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran matri di ulang sampai dua kali lebih agar siswa-siswi bisa membaca Jilid dan Al Quran dengan benar</em></p> Afifah Yuliawanti, Purnama Rozak, hafiedh Hasan Copyright (c) 2020 Promis https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/158 Fri, 11 Dec 2020 00:00:00 +0000 KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/160 <p><em>Penelitian ini ber</em><em>tujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Pemalang, serta untuk mengetahui upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas VII di SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Ajaran 2018/2019, dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi serta menentukan instrumen yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti dan selanjutnya dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. </em></p> <p><em>H</em><em>asil penelitian </em><em>menunjukan </em><em>bahwa tingkat penguasaan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Pemalang yang berjumlah 3 orang cukup baik, </em><em>dan </em><em>persepsi mereka terhadap kompetensi pedagogik yang dimiliki juga cukup baik</em><em> hal ini dapat dilihat pada </em><em>peranannya sebagai pengelola kelas guru mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif melalui pengawasan kegiatan belajar mengajar </em><em>yang di lakukan</em><em>.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> ilma fitrianita, Amiroh Amiroh , puji dwi darmoko Copyright (c) 2020 Promis https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/160 Sat, 19 Dec 2020 00:00:00 +0000