Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga dan Sekolah: Upaya Membentuk Perilaku Sosial Anak

  • Fifi Elvia STAI Nusantara Banda Aceh
  • Debi Agustin UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Rofiqa Duri UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Pendidikan Karakter, Perilaku Sosial Anak, Keluarga

Abstract

Pendidikan karakter menjadi semakin mendesak di tengah tantangan globalisasi, perkembangan teknologi, dan maraknya degradasi moral yang memengaruhi perilaku sosial anak. Keluarga dan sekolah sebagai lingkungan terdekat anak memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moral dan membentuk perilaku sosial yang positif. Artikel ini bertujuan mengkaji pentingnya pendidikan karakter berbasis kolaborasi keluarga dan sekolah serta mengidentifikasi strategi sinergis untuk mendukung perkembangan perilaku sosial anak. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif-analitis. Data diperoleh melalui telaah literatur dari buku, artikel jurnal, dan dokumen kebijakan yang relevan, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Temuan menunjukkan bahwa sinergi antara keluarga dan sekolah dalam pendidikan karakter masih lemah, sekolah cenderung berfokus pada aspek kognitif, dan pola asuh demokratis terbukti mendukung perilaku sosial positif anak. Hasil penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya literatur pendidikan karakter dengan menekankan perlunya model kolaboratif berbasis keluarga dan sekolah. Kesimpulannya, keberhasilan pendidikan karakter anak memerlukan desain kolaborasi yang nyata antara keluarga dan sekolah, dan disarankan penelitian lanjutan untuk menguji model ini dalam konteks lapangan secara empiris

Published
2025-07-04