Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga dan Sekolah: Upaya Membentuk Perilaku Sosial Anak
Abstract
Pendidikan karakter menjadi semakin mendesak di tengah tantangan globalisasi, perkembangan teknologi, dan maraknya degradasi moral yang memengaruhi perilaku sosial anak. Keluarga dan sekolah sebagai lingkungan terdekat anak memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moral dan membentuk perilaku sosial yang positif. Artikel ini bertujuan mengkaji pentingnya pendidikan karakter berbasis kolaborasi keluarga dan sekolah serta mengidentifikasi strategi sinergis untuk mendukung perkembangan perilaku sosial anak. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif-analitis. Data diperoleh melalui telaah literatur dari buku, artikel jurnal, dan dokumen kebijakan yang relevan, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Temuan menunjukkan bahwa sinergi antara keluarga dan sekolah dalam pendidikan karakter masih lemah, sekolah cenderung berfokus pada aspek kognitif, dan pola asuh demokratis terbukti mendukung perilaku sosial positif anak. Hasil penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya literatur pendidikan karakter dengan menekankan perlunya model kolaboratif berbasis keluarga dan sekolah. Kesimpulannya, keberhasilan pendidikan karakter anak memerlukan desain kolaborasi yang nyata antara keluarga dan sekolah, dan disarankan penelitian lanjutan untuk menguji model ini dalam konteks lapangan secara empiris
Copyright (c) 2025 Fifi Elvia, Debi Agustin, Rofiqa Duri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Atfhal is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.






