PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII
Abstract
Pendidikan merupakan proses interaksi antara guru (pendidik) dengan
peserta didik (siswa) untuk mencapai tujuan yang di tentukan. Pendidik, peserta
didik dan tujuan pendidikan merupakan komponen utama pendidikan, mendidik
adalah pekerjaan profesional. Oleh karena itu guru sebagai pelaku utama
pendidikan merupakan pendidik profesional. Profesionalitas guru dalam kelas
merupakan penentu utama bagi anak didik mengenyam ilmu pengetahuan.
Kenyamanan bagi anak didik saat di kelas penting dicarikan formulasinya bagi
guru sesuai objektifitas peserta didiknya. Maka sebelum proses pembelajaran
berlangsung, guru memenage pengelolaan kelas secara baik. Disini guru dituntut
peka terhadap kondisi ruangan kelas dan menemukan karakter anak didik. Posisi
guru dalam dunia pengajaran sangatlah penting. Boleh di kata, guru adalah
faktor penentu keberhasilan pembelajaran yang berkualitas. Berhasil atau
tidaknya pendidikan mencapai tujuanya selalu berhubungan dengan kiprah para
guru.
Tujuan dilakukannya penelitian ini tidak lain untuk mengetahui sejauh mana
peranan guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas VII di MTs Mamba’ul Ma’arif Belik. Adapun jenis penelitian yang di
gunakan penulis adalah riset lapangan (field research) yang bersifat deskriptif
kualitatif dengan metode studi kasus, metode pengumpulan data dilakukan
melalui tahapan observsi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan
objek penelitian. Kemudian langkah akhir dalam analisis data penulis
menggunakan analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil wawancara penelitian tentang peran guru dalam
pengelolaan kelas untuk meningkatkan presatasi belajar siswa kelas VII MTs
Mamba’ul Ma’arif Belik, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: peran yang
dapat ditimbulkan oleh perencanan pembelajaran guru terhadap hasil belajar
siswa kelas VII di MTs Mamba’ul Ma’arif Belik adalah sebagai media pendidik,
model/contoh, pengajar dan pembimbing, evaluator, Fasilitator, Inisiator,
sebagai seorang aktor, mediator, serta organizator. Hasil penelitian ini
mengungkap bahwa peranan guru dalam pengelolaan ini sangat cocok dan
sangat penting dalam hal meningkatkan hasil belajar siswa, perencanaan
pembelajaran itu sendiri adalah acuan para guru dalam proses belajar mengajar.
Dari pembahasan di atas dapat dirumuskan bahwa peranan guru dalam
pengeelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa Kelas VII MTs Mamba’ul
Ma’arif Belik, dapat dipengaruhi oleh ada tidaknya peran yang dilakukan oleh
seorang guru yang bersangkutan
Copyright (c) 2020 Siti Rukhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Atfhal is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.






