STIMULASI BERMAIN PERAN UNTUK PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA

  • Asrul Faruq Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
  • Siti Nursiami Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
Keywords: Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa, Gangguan Perkembangan Bahasa

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan bagian penting bagi anak usia dini. Bahasa merupakan sarana
komunikasi dan cara anak untuk mengekspresikan diri. Keterlambatan kemampuan berbicara
anak akan menghambat aspek tingkat pencapaian perkembangan anak. Tingkat pencapaian
perkembangan menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan dapat dicapai
anak pada rentang waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa cara mengatasi
keterlambatan bicara pada anak usia 3 tahun melalui stimulasi kegiatan main peran yang
dilakukan di Safa Preschool Yogyakarta.Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
dengan melalukan wawancara dan observasi. Dengan stimulasi lebih dini diharapkan
kemampuan bicara dan bahasa pada anak lebih optimal.

Published
2021-12-20