FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA (TANGAN) DI TK SYAIMARA SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi faktor penghambat dan faktor prndukung
keterampilan berbicara anak usia dini dengan menggunakan metode bercerita dengan media
boneka tangan di TK Syaimara Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian ini
menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas). Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Penelitian penggunaan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan
berbicara anak telah dilaksanakan melalui tiga siklus. 1) Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini dituangkan dalam tiga
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kemampuan guru dalam membuat
RPPH mengalami peningkatan hal ini dapat terjadi karena adanya perbaikanperbaikan yang
dilakukan oleh guru. Data hasil observasi penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Harian (RPPHbertujuan untuk menginvestigasi faktor pendukung dan penghambat
keterampilan berbicara anak usia dini dengan menggunakan metode bercerita dengan media
boneka (tangan) di TK syaimara Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada
beberapa faktor penghambat dan pendukung keterampilan berbicara anak usia dini dengan
menggunakan metode bercerita dengan media boneka (tangan) di tk syaimara Surakarta
Copyright (c) 2021 Nursidik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Atfhal is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.






