NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT LUQMAN AYAT KE-12 SAMPAI KE-19 MENURUT IBNU KATSÎR DALAM KITAB TAFSÎR AL-QUR`AN AL-‘AZHÎM
Abstract
Tujuan penelitian ini ingin mengungkapkan nilai-nilai Pendidikan yang terkandung di dalam surat Luqman ayat ke-12 sampai ke-19 di dalam kitab Tafsîr al-Qur’an al-‘Azhîm karya Ibnu Katsîr. Hal ini karena dalam realita yang ada, kekurangan nilai-nilai pendidikan menyebabkan banyaknya permasalahan sosial. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan yang terdapat dalam surat Luqman ayat ke-12 sampai ke-19, serta untuk mendeskripsikan metode yang dilakukan Luqman dalam upaya menanamkan nilai-nilai kepada anaknya yang terungkap dalam ayat tersebut di kitab Tafsîr al-Qur’an al-‘Azhîm karya Ibnu Katsîr. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kepustakaan perihal pemikiran para ekspert dalam kajian al-Qur’an dan kontribusi pemikirannya dengan analisis literal readings serta interpretive and reflexive readings. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam surat Luqman ayat ke-12 sampai ke-19 dalam kitab Tafsîr Alquran al-‘Azhîm karya Ibnu Katsîr terdapat berbagai nilai pendidikan yakni: a) adanya perintah untuk bersyukur kepada Allah Swt atas nikmat yang telah diberikanNya, b) agar menyembah Allah Swt dan tidak melakukan syirik kepadaNya, c) agar berbakti kepada orang tua di dunia ini, akan tetapi jika mereka menganjurkan unutk melakukan hal yang dilarang Allah Swt agar tidak dituruti, d) pelajaran bahwa setiap kebaikan dan keburukan yang dilakukan oleh manusia, pasti akan ada balasannya oleh Allah Swt, e) agar selalu mengerjakan shalat serta untuk selalu berbuat amar ma`ruf dan nahi munkar, f) pelajaran agar tidak sombong dan angkuh dalam kehidupan, g) pelajaran agar sopan dalam berjalan dan berbicara. Selain itu, hasil lain dari penelitian ini yaitu adanya beberapa metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai yang terdapat dalam ayat ke-12 sampai ke-19 yaitu: a) metode mendidik dengan keteladanan atau qudwah hasanah, b) metode mendidik dengan kisah atau cerita, c) metode mendidik dengan nasehat
Copyright (c) 2022 Amirul Bakhri, Surahmat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Atfhal is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.