IMPLEMENTASI BERMAIN FLASH CARD UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B

  • Imam Faizin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
  • Serly KB Putra Harapan
Keywords: Media Flash Card, Kemampuan Bahasa Anak

Abstract

Kemampuan berbahasa pada anak adalah kemampuan untuk mengekspresikan apa yang dialami dan dipikirkan oleh anak dan kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan lingkungannya maupun teman sebayanya, dalam perkembangan berbahasa anak dikenalkan dengan gambar, kosakata dan huruf agar perkembangan berbahasanya menjadi lebih optimal. Media Flash Card adalah kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atau mengarahkan anak kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar. Flash Card biasanya berukuran 8x12 cm, atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam menerapkan media Flash Card kepada anak kelas A di KB Putra Harapan Desa Cibelok Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriktif kualitatif, dalam subjek penelitian adalah guru kelas dan peserta didik di kelas B sebanyak 10 anak, sedangkan objek dalam penelitian adalah penerapan media Flash Card untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak di KB Putra Harapan Desa Cibelok Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi terlihat bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan media Flash Card sesuai dengan langkah-langkah yaitu : 1)Menentukan Tema, 2) Menyiapkan Media Flash Card, 3) Mengenalkan Huruf Dan Kata Kepada Anak, 4) Meyiapkan Alat danBahan, 5) Membagi Anak Ke dalam Beberapa Kelompok, 6) Memberikan kegiatan kepada anak.

Published
2020-12-21