MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DI TK AL-FATAH TEGAL
Abstract
Perkembangan bahasa merupakan perkembangan yang harus dimiliki anak usia dini sebagai salah satu dari kemampuan dasar, sesuai dengan tahapan usia dan karakteristik perkembangannya. Kemampuan berbahasa terdiri dari empat komponen yaitu berbicara, menulis, mendengar dan membaca. Bercerita merupakan salah satu metode dalam mengembangkan kemampuan bahasan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita. Penelitian ini merupakan jenis penilitian lapangan (field research) yang bersifat deskriftif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penilitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penilitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode bercerita yang diterapkan di TK Al-Fatah merupakan salah satu metode untuk mengembangkan aspek bahasa anak. Melalui metode bercerita mampu memberikan pengalaman baru dan berharga pada anak, menstimulasi rasa ingin tahu dan perhatian anak, sehingga anak dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Respon anak terhadap penerapan metode bercerita ini baik. Hal ini dapat dilihat dari antusias anak yang aktif mendengarkan serta memberi umpan balik dalam mengikuti cerita yang dibacakan. Dari data yang diperoleh tersebut menunjukkan metode bercerita dapat melatih konsentrasi anak dalam meningkatkan keterampilan berbahasa melalui menyimak dan mengungkapkan bahasa. Dilihat dari aktivitas keseharian, anak cenderung lebih berani untuk berbicara, mau untuk menceritakan pengalamannya, dan tidak merasa malu terhadap siapapun ketika di ajak berbicara.
Copyright (c) 2023 imam faizin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Atfhal is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.






