MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DI TK AL-FATAH TEGAL

  • Imam Faizin STIT Pemalang
Keywords: Perkembangan bahasa, Anak Usia Dini, Metode Bercerita

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan perkembangan yang harus dimiliki anak usia dini sebagai salah satu dari kemampuan dasar, sesuai dengan tahapan usia dan karakteristik perkembangannya. Kemampuan berbahasa terdiri dari empat komponen yaitu    berbicara,    menulis,    mendengar    dan    membaca.    Bercerita    merupakan salah  satu  metode  dalam  mengembangkan  kemampuan  bahasan  anak  usia  dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam mengembangkan kemampuan bahasa  anak  melalui  metode  bercerita.  Penelitian  ini  merupakan  jenis  penilitian lapangan (field research) yang bersifat deskriftif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik  pengumpulan  data  yang dilakukan  dalam penilitian  ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penilitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode bercerita yang diterapkan di TK Al-Fatah merupakan salah satu metode untuk mengembangkan aspek bahasa anak. Melalui metode bercerita mampu memberikan pengalaman baru dan berharga pada anak, menstimulasi rasa ingin tahu   dan   perhatian   anak,   sehingga   anak   dapat   terlibat   aktif   dalam   kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Respon anak terhadap penerapan metode bercerita ini baik. Hal ini dapat dilihat dari antusias anak yang aktif mendengarkan serta memberi umpan balik dalam mengikuti cerita yang dibacakan. Dari data yang diperoleh tersebut menunjukkan metode bercerita dapat melatih konsentrasi anak dalam meningkatkan keterampilan berbahasa melalui menyimak dan mengungkapkan bahasa. Dilihat dari aktivitas keseharian, anak cenderung lebih berani untuk berbicara, mau untuk menceritakan pengalamannya, dan tidak merasa malu terhadap siapapun ketika di ajak berbicara.

Published
2023-12-13