POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI RA AL-HIDAYAH SURUSUNDA CILACAP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh dan kendala orang tua
dalam Membangun Kemandirian Anak Usia Dini di RA Al-Hidayah Surusunda
Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan
data menggunakan tiga macam yakni observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan
menggunakan instrumen wawancara terstruktur dan observasi . Teknik analisis data
yang digunakan adalah mengumpulkan data melalui mendengarkan, mencatat,
mengelompokkan data penelitian, melakukan identifikasi data, memaparkan hasil
penelitian dan menyimpulkan hasil pembahasan. Adapun hasil penelitian ini adalah
terdapat tiga jenis pola asuh yang diterapkan, yakni: pola asuh demokratis, pola asuh
permisif, dan pola asuh otoriter. Kemampuan kemandirian pada anak-anak usia dini
sudah mengalami perkembangan yang positif melalui penerapan pola asuh
demokratis. Dalam pola asuh permisif, dampak positif dari pendekatan tersebut
terlihat saat anak-anak menggunakan pendekatan ini dengan tanggung jawab. Namun,
hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian yang paling rendah,
sebagaimana tercantum dalam tabel 4.1, berkaitan dengan pola asuh otoriter. Dalam
konteks ini, pengawasan yang berlebihan dari orang tua dapat menghambat rasa
percaya diri anak-anak saat mereka menghadapi tugas atau tantangan. Kendala orang
tua dalam membangun kemandirian anak usia dini di RA Al-Hidayah Surusunda
Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap yaitu: 1) Faktor Kesibukan Orang Tua
Bekerja, 2) Faktor Lingkungan Teman, 3) Perbedaan Pengasuhan, 4) Karakter Anak
Copyright (c) 2024 winda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Atfhal is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.