MENEJEMEM PENDIDIKAN KERAKTER ANAK USIA DINI: MENGEMBANGKAN KARAKTER EMPATI PADA ANAK USIA DINI DALAM PENDIDIKAN
Abstract
Abstrak ini menjelaskan tujuan, metodologi, temuan utama, dan implikasi dari studi
mengenai pengembangan karakter empati pada anak usia dini dalam konteks pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi efektif dalam mengembangkan
karakter empati pada anak usia dini melalui pendidikan formal. Emosi merupakan aspek
kunci dalam pembentukan karakter, khususnya empati, yang memungkinkan anak untuk
memahami, membantu, serta mengenali dan mengekspresikan emosi orang lain dan diri
sendiri. Tinjauan literatur mendalam dilakukan untuk memahami definisi empati,
perkembangan emosi pada anak usia dini, dan relevansi pendidikan karakter dalam
mencapai tujuan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan fokus
pada sebuah lembaga pendidikan anak usia dini. Data dikumpulkan melalui observasi
partisipatif, wawancara dengan guru dan orang tua, serta penggunaan instrumen evaluasi
khusus untuk mengukur kemajuan dalam pengembangan empati anak. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang terintegrasi secara sistematis dapat efektif
dalam meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam memahami dan merespons emosi
orang lain dengan lebih baik. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya pendekatan
pendidikan yang holistik dan berkelanjutan untuk mempromosikan pembelajaran empati
sejak dini, sehingga memperkuat dasar moral dan sosial anak dalam masyarakat. Studi ini
memberikan sumbangan penting terhadap literatur mengenai pendidikan karakter dan
pengembangan empati pada anak usia dini, serta memberikan arahan bagi pengembangan
program pendidikan yang lebih efektif dalam membentuk karakter anak-anak masa depan.
Copyright (c) 2024 Ahmad Hamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Atfhal is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.