Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bantarbolang

  • Isma Rizqi Nurrohmah STIT Pemalang
  • Srifariyati STIT Pemalang
  • Nisrokha STIT Pemalang
Keywords: Macromedia Flash 8, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Agama Islam tema meyakini Kitab-Kitab Allah SWT di Kelas VIII SMP Islam Bantarbolang. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Sample penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu variabel X dengan analisis deskriptif pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 dan variabel Y dengan analisis deskriptif hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket yang diberikan setelah siswa memahami isi dari media pembelajaran macromedia flash 8. Setelah itu penulis memberikan point-point pertanyaan untuk melihat sejauh mana siswa memperoleh hasil belajar dengan efektif, penulis menggunakan proses penilaian formatif di akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai angket siswa dan nilai hasil belajar didapat bahwa tidak ada pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa dari hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,00003 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel dengan N = 31 taraf signifikasi 5% maka rhitung< rtabel  atau (0,00003) < (0,367) karena rhitung lebih kecil dari rtabel. Yang dapat ditunjukan oleh prosentase nilai rata-rata memperoleh rentang nilai hasil belajar siswa berdasarkan data tertinggi memperoleh nilai 80 yaitu terletak pada interval 79-80. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Jadi hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tema meyakini kitab-kitab Allah SWT di Kelas VIII SMP Islam Bantarbolang.

References

Ahmad, Abu. (2003). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ardiansyah, Nuridin. (2013). Flash Profesional 8 Sebuah Tutorial Flash untuk Pemula. Sekadau.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar, Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Granfindo.
Cecep, Kustandi. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Lampung Tengah: Budi Utama.
Depag RI. (2000). Al-Qur’an dan Terjemahannya Revisi Terbaru. Semarang: CV. Asy-Syifa.
Drajat, Zakiah. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Angkasa.
Elvinaro, Ardiyanto. (2010). Metodologi Penelitian. Bandung: Simbiosa Rektama Media.
Nana, Sudjana. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuridin, Ardiansyah. (2013). Macromedia Flash 8 Sebuah Tutorial Untuk Pemula. Sekadau.
Santrianawati. (2017). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Sobry, Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistca.
Syafdi, Maizora. Pembuatan Media Pembelajaran dengan Macromedia Flash 8.
Published
2021-08-05