Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Akhlak Siswa SDN 03 Bojongnangka Pemalang

  • Sanny Patricia Prita Tralila STIT Pemalang
  • Puji Khamdani STIT Pemalang
  • Imam Faizin STIT Pemalang
Keywords: Peran Guru PAI, Pembinaan Akhlak Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas dan peran guru dalam pembinaan akhlak siswa di SD N 03 Bojongnangka Pemalang tahun 2019/2020 dengan melakukan wawancara serta yang mendukung Guru Pendidikan Agama Islam dalam keadaan akhlak dan faktor yang menghambat Guru Pendidikan Agama Islam di SD N 03 Bojongnangka Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen dan sebagai hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam sangat dominan dalam membentuk akhlak siswa secara menyeluruh dan berkesinambungan, dengan cara keteladanan, pembiasaan, ajakan, teguran dan hukuman yang diterapkan di dalam lingkungan sekolah maupun di luar Sekolah dalam mengontrol siswa dan kebijakan kepala Sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam dapat membentuk akhlak siswa.

References

Anwar, Rosihon. (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.
Daradjat, Zakiah. dkk.. (2014). Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasanah, Aan. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Departemen Agama. (2007). Al-Qur’an dan Terjemah. Bogor: Wisma Haji Tugu.
Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mudlofir, Ali. (2012). Pendidik Profesional. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Muhaimin. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. RajaGravindo Persada.
Muhaimin, Yahya A. (2008). Al-Islam. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Nata, Abuddin. (2008). Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Putra, Rizema Sitiatava. (2014). Prinsip Mengajar Berdasarkan Sifat-Sifat Nabi. Yogyakarta: Diva Pres.
Sani, Abdullah Ridwan. (2016). Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.
Selamat, Kasmuri. (2012). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Kalam Mulia.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Sutikno, Pupuh Faturrohman, M. Sobry. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama.
Published
2021-08-05