Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Wudhu di MTs Nurul Ulum Warureja Tegal

  • Windi Maryanti STIT Pemalang
  • Nisrokha STIT Pemalang
  • Wahyudin STIT Pemalang
Keywords: Media Pembelajaran, Media Video

Abstract

Penelitian Implementasi media pembelajaran berbasis video di MTs Nurul Ulum Warureja dilatarbelakangi oleh adanya beberapa problematika yang ditemui di lapangan yaitu sistem pembelajaran yang konvensional, yang hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa bosan ketika menerima pelajaran dan suasana kelas menjadi tidak aktif khususnya pada mata pelajarn Fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman siswa tentang urutan tata cara wudhu pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Kecamatan Warureja? 2) Bagaimana pemanfaatan media vidio dalam pemahaman tentang tata cara wudhu pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Kecamatan Warureja? 3) Bagaimana kelebihan dan kekurangan penggunaan media vidio dalam pembelajaran Fiqih pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Kecamatan Warureja?. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Sumber data diperoleh meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B MTs Nurul Ulum Warureja. Hasil penelitian ini adalah 1) pemahaman siswa mengenai urutan tata cara wudhu pada siswa kelas VII B di MTs Nurul Ulum Warureja setelah menerapkan media video sudah cukup baik. Hal ini terbukti dari hasil nilai praktik wudhu khususnya di kelas VII B. 2) Pemanfaatan media video dalam pembelajaran Fiqih adalah salah satunya memberikan pengalaman baru dalam penyampaian materi. Siswa menunjukkan semangat dalam pembelajaran Fiqih diantaranya siswa menjadi antusias dalam proses pembelajaran, dan aktif ketika guru memberikan pertanyaan. 3) Kelebihan penggunaan media video pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas VII B MTs Nurul Ulum Warureja diantaranya beberapa siswa menyatakan bahwa penggunaan media video dapat membuatnya paham ketika menerima materi pelajaran, dapat membuat siswa lebih semangat belajar, dan pembelajaran lebih menarik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dalam proses pembelajaran tidak memiliki kesulitan baik bagi guru maupun bagi siswa.

References

Ahmadi, Abu dan Uhbiyati Nur. (2003). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. (2014), Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Damiri, Ibnu. (2008). Bersuci Secara Islami. Solo: Media Zikir.
Daradjat, Zakiah. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Bahri Syaiful dan Zain Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, Amirul dan Haryono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Kementrian Agama RI. (2010). Al-Qur’an & Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi.
Maghfiroh, Asni. (2008). Peran Media Audio Visual Materi Cerita Islami Tentang Kisah Umar Bin Khattab dalam Pendidikan Akhlak Bagi Siswa Kelas V Di SDN 02 Wanamulya Tahun Pelajaran 2017/2018. Pemalang: STIT Pemalang.
Moleong, J. Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rasimin. (2012). Media Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Orbittrust Corp.
Rifai, Moh. (2004). Tuntunan Sholat Lengkap. Semarang: Karya Toha Putra.
Rusman, dkk. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadiman, S. Arief, dkk. (2008). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Satori, Djam’an dan Komariah Aan. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. (1989). Teknologi Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. V. (2014). Metodologi Penelitian Lengkap Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Susilana, Rudi dan Riyana Cepi. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Purnama.
Suyanto Bagong dan Sutinah. (2007). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2021-08-05