Pengaruh Kecerdasan Emosional Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Darul Ulum Pemalang.

  • Ni’am Ulil Ahlam STIT Pemalang
  • Puji Dwi Darmoko STIT Pemalang
  • Ahmad Hamid STIT Pemalang
Keywords: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional pesera didik Kelas VIII SMP Darul Ulum Pemalang, mengetahui hasil belajar PAI kelas VIII SMP Darul Ulum Pemalang serta mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII di SMP Darul Ulum Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi kecerdasan emosional (variable bebas) dan hasil belajar (variabel terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kela VIII di SMP Darul Ulum Pemalang sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 peserta dididk yang diambil secara acak Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket untuk mengetahui kecerdasan emosional dan instrumen untuk mengetahui hasil belajar adalah dengan dokumentasi. Terknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika  inferensial dengan  menggunakan analisa regresi sederhana.Dari hasil penelitian, diperoleh nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,095. Ini berarti bahwa sumbangan efektif yang diberikan oleh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sangat kecil, yaitu sebesar 9,5%, sedangkan sisanya yaitu 94,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Persamaan regresi pada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar adalah Y= 89,424 + (-0,239x). Dari hasil uji hipotesis dengan uji parsial diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,104 dimana nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,104 > 0,05).dan nilai Thitung sebesar (-1,648), sedangkan nilai Ttabel untuk n (jumlah responden) = 29 sebesar (2,051). Maka diperoleh Thitung (-1,648) < Ttabel (2,051) yang artinya bahwa Ho diterima dan Hditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI kelas VIII di SMP Darul Ulum Pemalang.

References

Daniel Goleman, Daniel. (2007). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ginanjar, Ary. (2018). Emotional Spiritual Quetient. Jakarta: Agra Publishing.
Karwono, Heni Mularsih. (2017). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Ngalim Purwanto, Ngalim. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sary, Yessy Nur Endah. (2018). Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Motode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Uno, Hamzah B. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widoyoko, Eko Putro. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf LN, Syamsu . (2004). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2021-08-05