Konsep Manajemen Pendidikan Islam di SMK Islam Randudongkal
Abstrak
Pendidikan diperspektifkan bermacam versi oleh masyarakat. Ada yang memperspektifkan sebagai sebuah upaya pendewasaan rohani dan jasmani individu ataupun kelompok masyarakat. upaya pemindahan tradisi dan pelestarian dari satu generasi ke generasi lainnya, upaya pembekalan pengetahuan dan ketrampilan yang di butuhkan oleh masyarakat, upaya rekayasa sosial untuk merubah peradaban, pendidikan sebagai ukuran strata sosial, dan ada pula yang mengidentikkan pendidikan dengan sekolah dan atau belajar. Mengkaji tentang pendidikan Islam pasti tidak terlepas dari manajemen untuk menunjang proses berjalannya pendidikan. Menurut Tilaar mengartikan manajemen pendidikan sebagai suatu kegiatan yang mengimplikasikan adanya perencanaan atau rencana pendidikan serta kegiatan implementasinya. SMK Islam Randudongkal merupakan salah satu sekolah yang di observasi oleh peneliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep manajemen pendidikan Islam dan mendeskripsikan konsep manajemen pendidikan Islam di SMK Islam Randudongkal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik tersebut digunakan untuk mengetahui tentang konsep manajemen pendidikan Islam di SMK Islam Randudongkal. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMK Islam Randudongkal telah menerapkan konsep manajemen pendidikan Islam yang berbasis Islam. Konsep tersebut meliputi Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Staffing (Kepemimpinan Staff), dan Controlling (Pengontrolan).
Referensi
Anwar, Muhamad, 2015, Filsafat Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Aziz, Abdul, 2011, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Al-Masthuriyah, Jakarta: UIN Syarief Hidayatullah.
Djunaid, Hamzah, 2014, Konsep Pendidikan dalam Al-qur’an, Makassar, Lentera Pendidikan.
Endraswara, Suwardi, 2006, Penelitian Kebudayaan, Sleman : Pustaka Widyatama
Farikhah, Siti dan wahyudhiana, 2011, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aswaja pressindo.
Fatmah, Laila, 2018, Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Yayasan Perguruan SMP Al-Hidayah Medan Tembung, Medan: UIN Sumatera Utara.
Hartinah, Sri, 2013, Metode Penelitian Perpustakaan, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Imron, Ahmad, dan Sabiqul Mubarak, 2020, Pendidikan Agama Islam berbasis Interpreuner, Pamekasan: IAI Al Khairat.
Jabar, Cepi Safrudin Abdul dkk, 2016, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.
Muhsin, Moh. Ali, 2020, Mengenal Istilah dalam Pendidikan, Pamekasan: Duta Media Publishing.
Mukhlis, 2020, Konsep Pendidikan Islam Menurut Pemikiran KH Hasyim Asy’ari, Padangsimpuan: FKIP.
Munirah, 2016, Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist, Makasar: Lentera Pendidikan.
Nurlindah, 2017, Peranan Manajemen Kebijakan Pendidikan Dalam Mengaplikasikan Visi dan Misi di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng, Makassar: UIN Alaudin.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





