Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di MI Daarunnajah Nyamplungsari
Abstract
Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Kualitas suatu lembaga tergantung pada kepala sekola sebagai pemimpinnya. Maka kepala sekolah yang bertugas dapat memberikan bimbingan dan pengawassan kepada setiap guru yang bertugas dalam bidangnya masing-masing. Untuk menjalankan tugasnya dalam mengembangkan profesionalisme guru dan dapat mengembangkan kualitas pembelajaran yang efektif.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dan analisis yang bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Daarunnajah Nyamplungsari dan upaya apa saja yang dilakukan kepala sekolah dalam proses pengembangan profesionalisme guru.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Daarunnajah Nyamplungsari dilakukan melalui beberapa hal diantaranya kepala sekolah berperan sebagai educator, manajer, administrator, supervisor dan motivator. Sedangkan kondisi guru di MI Daarunnajah cukup bagus, serta selalu mengikuti berbagai pelatihan dan workshop. Adapun faktor pendukung kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru adalah adanya faktor dukungan dari latar belakang pendidikan guru yang baik dan kerjasama antar guru. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya sarana prasarana, serta tingkat kepedulian orang tua pada peserta didik.
References
Dimyati, Azima. 2019. Pengembangan Profesi Guru. Lampung: Gre Publishing.
Djafri, Novianty. 2016. Manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah, Cet 1, Yogyakarta: Budi Utama.
Hanafi, Halid. La Adu dan Muzakkir. 2018. Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah, Yogyakarta: Budi Utama.
Haryani, Rosalina Dewi. Irna Kumala. 2020. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru” dalam Journal of Education. Edisi 1 Volume 6. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Hidayatullah, Moh. Nur. 2019. Menjadi Kepala Sekolah Ideal, Efektif dan efesien, Cet 1, Malang: Listerasi Nusantara Abadi.
Kompri. 2017. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana.
Mutiawati, Tantangan “Role”/Peran yang dihadapi oleh Mantan Perawat IJ-EPA Setelah Kembali ke Indonesia,Program Studi Sastra Jepang, Jakarta, Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humabiora Vol, 4 No. 2.
Muniarti. 2008. Manajemen Stratejik. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Ridwan, Mohamad. Windra Aini. 2019. Perencanaan Pengembangan Daerah Tujuan Pariwisata, Yogyakarta: Budi Utama.
Rukin. 2019. Metodelogi Penelitian. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Said, Khaeruddin. Pengembangan Profesi Guru Pada Kurikulum 2013,Tembilahan-Riau, PT. Indragiri Dot Com, 2019, hlm.1-2, http://books.google.co.id/, Diakses pada Hari sabtu tanggal 09 Januari 2021 Pukul 14.13.
Shaleh, Shabri. Said Maskur. Sudirman Anwar. 2017. Pendidikan Gender, Riau: PT Indragiri Dot Com.
Suhartatik, Tony. 2020. Implementasi Peran Supak Gorong dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, Malang: Multimedia Edukasi.
Wawancara dengan Dini Na’imah Selaku Kepala Madrasah MI Daarunnajah Nyamplungsari, Tanggal 18 Januari 2021 Di Ruang Kepala Madrasah MI Daarunnajah Nyamplungsari.
Yakub. Vico Hisbanarto. 2014. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Copyright (c) 2021 Laela Nur Alvishah, Anas, Hafiedh Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





