Upaya Kepala Sekolah Dalam Mempertahankan Profesionalisme Guru di SD Negeri 2 Siwarak di Saat Pandemi Covid-19

  • Sriah STIT Pemalang
  • Ibni Trisal Adam STIT Pemalang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam mempertahankan profesionalisme guru di SD Negeri 2 Siwarak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan study dokumentasi dengan menitik beratkan sumber data informan kepala sekolah dan guru untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) mengetahui upaya kepala sekolah dalam mempertahankan profesioanalisme guru di SD Negeri 2 Siwarak, (2) mengetahui langkah-langkah kepala sekolah dalam mempertahankan profesionalisme guru di SD Negeri 2 Siwarak, (3) mengetahui kendala-kendala kepala sekolah dalam mempertahankan profesionalisme guru di SD Negeri 2 Siwarak. Hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya kepala sekolah dalam mempertahankan profesionalisme guru, kepala sekolah melakukan Kelompok Kerja Guru (KKG), mengadakan pelatihan (Diklat), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan mengikut sertakan para guru dalam upaya kepala sekolah dalam mempertahankan profesionalisme guru di SD Negeri 2 Siwarak.

Referensi

Ananda, Rusydi, 2018, Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Djafri, Novianty, 2017, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta: CV Budi Utomo 2017.
Fattah, Nanang, 2001, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Gultom, Syawal dan Abi Sujak, 2011, Buku Kerja Kepala Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kasidah, Murniati, dan Bahrun, 2017, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Jurnal Volume 5, No. 2, Mei 2017.
Muhson, Ali, Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, Agustus 2004.
Mulyasa, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Rosdakarya.
Muspawi, Mohammad, 2020, Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 403, Juli 2020.
Mustofa, 2007, Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia, (Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 4 Nomor 1, April 2007.
Purwanto, Agus & Rudy Pramono, dkk, 2020, Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar, Universitas Pelita Harapan, Volume 2, Nomor 1.
Raco, 2010, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Triwiyanto, Teguh, 2015, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaraan, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Diterbitkan
2020-11-04