Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Materi Hukum Bacaan Nun Sukun Dan Tanwin Di TPQ Bani Almasyhuriyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman hukum bacaan nun sukun dan tanwin santri sebelum diajar menggunakan media permainan ular tangga; (2) mengetahui pemahaman hukum bacaan nun sukun dan tanwin santri setelah diajar menggunakan media permainan ular tangga; dan (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pemahaman hukum bacaan nun sukun dan tanwin santri sebelum menggunakan media permainan ular tangga dan setelah menggunakan media permainan ular tangga. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk penelitian eksperimen. Sampelnya kelas Al-Qur’an dan Qiroati TPQ Bani Almasyhuriyah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain kuasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test design, dilakukan dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 26 santri. Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 57,53 dan rata-rata nilai post-test adalah 72,96. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test dari kelas kontrol adalah 56,15 dan nilai rata-rata post-test adalah 67,19. Nilai santri yang diajar dengan media permainan ular tangga lebih baik dari pada nilai santri yang diajar tanpa menggunakan media permainan ular tangga. Terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan media permainan ular tangga dan setelah menngunakan media permainan ular tangga, karena hitung-hitungnya adalah 3,278>1,676. Jadi hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa santri yang diajar dengan mengunakan permainan ular tangga lebih baik dari pada santri yang diajar tanpa menggunakan permainan ular tangga, artinya media permainan ular tangga efektif untuk meningkatkan motivasi belajar santri dalam pemahaman hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
References
Arifin, Zaenal dan Adhi Setiyawan, 2012, Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan Ict, Yogyakarta: Skripta Media Creative.
Ar-Rosyid, Maulana, t.th, Bimbingan Belajar Islam Anak Shalih, Sidoarjo: Dua Media.
Arsyad, Azhar, 2008, Media Pembelajaran, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Dewi, Tipan Liani, 2017, Junal Pena ilmiah Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran IPS, Sumedang: UPI Kampus Sumedang.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2014, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2002 Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto, 2013, Media Pembelajaran Manual dan Digital, Bogor: Ghalia Indonesia.
Rasimin, dkk, 2012, Media Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Trust Media Publishing.
Rifa, 2012, Iva, Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah, Jakarta: FlashBooks.
Soenarto, Ahmad, 1988, Pelajaran Tajwid, Jakarta: Bintang Terang.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2020 Nina Harwini, Khaerudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





