Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP

  • Imam Faizin STIT Pemalang
Keywords: Tahfidzul Qur’an, Evaluasi Model CIPP

Abstract

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Penelitian kualitatif ini secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode studi evaluatif, yang merupakan suatu prosedur evaluasi dalam mengumpulkan informasi dan menganalisis data secara sistematis untuk menentukan suatu nilai atau praktik dalam dunia pendidikan. Evaluasi yang berorientasi keputusan ini menggunakan model evaluasi CIPP (Contect-Input-Process-Product) yang bersifat konprehensif. Lokasi penelitian ini di MTs YMI Wonopringgo dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil evaluasi context pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an dikategorikan sangat baik, karena telah memenuhi kriteria evaluasi context yang ada. Program Tahfidzul Qur’an diadakan berdasarkan kebutuhan dan keinginan siswa, diselenggarakan atas dasar saran atau keinginan dari masyarakat/komite/orang tua dan dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, diselenggarakan atas dasar misi Sekolah dan sesuai atau sejalan dengan program pemerintah daerah. Program Tahfidzul Qur'an sesuai dengan visi dan strategi untuk mencapai tujuan sekolah, sesuai dengan rencana sekolah, dan memiliki tujuan yang  jelas dan dibukukan dalam kondisi baik; 2) Hasil evaluasi input dari pelaksanaan program Tahfidzul Qur'an secara keseluruhan menujukan kategori sangat baik. Evaluasi masukan terbagi menjadi beberapa indikator yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan peralatan pendukung, dana atau anggaran, prosedur yang diperlukan, dan strategi; 3) Hasil evaluasi proses dari pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an secara kesuluruhan mendapatkan kategori sangat baik. Evaluasi proses terbagi menjadi empat indikator yaitu: a) Kesesuaian pelaksanaan dengan rencana, b) Kesesuaian pengajar dalam proses penyampaian, c) Pemanfaatan sarana dan prasarana, dan d) Melakukan proses penilaian dan pengawasan; dan 4) Evaluasi hasil (Output) dari pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an secara keseluruhan menunjukkan kategori sangat baik. Evaluasi hasil terdiri dari tiga indikator yaitu a) output yang dicapai dilihat dari tiga ranah (kognitif, afektif, dan psikomotor), b) outcome program Tahfidzul Qur'an, dan c) manfaat yang telah didapat peserta didik.

References

Arifin, Zaenal, 2015, Tahfidzul Qur’an Program at SDIT Fajrul Islam Wiradesa Pekalongan Centre of Java Indonesia, Journal of Social Sciences and Humanities, 1 (2): 92-97.
Arikunto, Suharsimi & Cepi Safruddin Abdul Jabar, 2009, Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, 2013, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ash-Shabuni Muhammad Aly, 1996, Pengantar Studi Al-Qur’an, Bandung: PT. Al-Ma’arif.
Azim, Ahmad Ali, 2016, Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an bagi Mahasiswa di Pesantren Al Adzkiya’ Nurus Shofa Karangbesuki Sukun Malang, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Harahap, Hakim Muda, 2007, Rahasia Al Qur'an, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Moleong, Lexy J, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munawwir, Ahmad Warson, 1999, Kamus al-Munawwir Arab Indonesia, Surabaya: Pustaka Progesif.
Munthe, Ashiong P, 2015, Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan, Tangerang: Universitas Pelita Harapan.
Nawas, Nazia & Syeda Farhana Jahangir, 2015, Effects of Memorizing Quran by Heart (Hifz) On Later Academic Achievement, Journal of Islamic Studies and Culture, 3 (1): 58-64.
Nurhalimah, Siti, 2012, Efektivitas Sistem Pembelajaran Tahfidzul Qur’an, Salatiga: STAIN Salatiga.
S.Q. Sa'dulloh, 2008, 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an, Jakarta: Gema Insani.
Sriyono, 2012, Peningkatan Kemampuan Membaca Alqur’an Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Karang Kajen Kecamatan Secang Kabupatten Magelang Tahun 2012, Salatiga: STAIN Salatiga.
Sukardi, 2011, Evaluasi Pendidikan: Prinsip & Operasionalnya, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2009, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widagda, Ahmad Roni Surya, 2009, Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Widoyoko, Eko Putro, 2010, Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf, Muhammed, 2010, Memorization As A Learning Style: A Balance Approach To Academic Excellence, Oida International Journal Of Sustainable Development, 1(6): 49-58.
Zaman, Zakki & Syukron Maksum, 2014, Metode Cepat Menghafal Al-Qur’an, Yogyakarta: Al Barokah.
Zein, Muhammad, 1985, Tata Cara atau Problematika Menghafal Al-Qur'an dan Petunjuk-Petunjuknya, Jakarta: Pustaka Al Husna.
Published
2021-11-15