Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Di RA Bani Fuad Syihabuddin
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku bergambar dalam mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini di Raudhatul Athfal Bani Fuad Syihabuddin dan mengetahui kelayakan media pembelajaran buku bergambar sebagai media dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi dari pengembangan Borg and Gall. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Raudhatul Athfal Bani Fuad Syihabuddin Taman-Pemalang. Sebelum diuji cobakan buku ini terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan juga ahli media. Untuk menguji kelayakan buku dilakukan angket terhadap pengajar dan juga peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap buku bergambar. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran buku bergambar sebagai media dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 85,3% kategori “Sangat Layak” sedangkan penilaian validator ahli media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 92,3% kategori “ Sangat Layak” untuk digunakan pada anak usia dini. Pendidik dan peserta didik memberikan respon positif terhadap produk media buku bergambar. Hasil penilaian guru mendapatkan persentase sebesar 82,5% sehingga penilaian yang dicapai mendapatkan kategori “Sangat Layak” sedangkan hasil uji coba lapangan memperoleh hasil persentase 85% dengan kategori “Sangat Layak”.
Referensi
Guslinda dan Rita Kurnia, 2018, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Surabaya: CV. Jakad.
Herlina, Mutia Nanda dan Atin Fatimah, 2018, Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 No. I, Jakarta: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan, 2020, Pengembangan Media Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Nurgiantoro, Burhan, 2010, Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Rasimin, Imam Subqi dkk, 2012, Media Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: CV. Orbittrust Corp.
Richey, Rita C. and James D Klein, 2007, Design and Development Research, London: Lawrence Erlbaum Associates.
Safira, Ajeng Rizki, 2020, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, (Gresik: Caramedia Communication.
Santoso, Hari, 2011, Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar, Malang: Perpustakaan UM.
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani, 2013, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT. Indeks Edisi Revisi Cetakan VIII.
Susanto, Ahmad, 2011, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##