Pengaruh Pola Didik Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PAI Pada Siswa SMP Negeri 1 Karangjambu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola didik orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa SMP Negeri 1 Karangjambu Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga tahun 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi pola didik orang tua (variabel bebas) hasil belajar (variabel terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Karangjambu, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 33 siswa yang diambil secara keseluruhan dari populasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket untuk mengetahui pola didik orang tua dan instrument untuk mengetahui hasil belajar adalah dengan dokumentasi berupa nilai semester ganjil. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisa regresi sederhana. Dari hasil penelitian ini, diperoleh nilai (koefisien determinasi) sebesar 0,012. Ini berarti bahwa sumbangan efektif yang diberikan oleh pola didik orang tua terhadap hasil belajar sangat kecil,yaitu sebesar 12% sedangkan sisanya adalah 88% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Persamaan regresi pada pengaruh pola didik orang tua terhadap prestasi hasil belajar adalah . Dari hasil uji hipotesis dan uji parsial diperoleh nilai signifikan sebesar 0,538 dimana nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,538 > 0,05) dan nilai sebesar (0,622), sedangkan nilai untuk (jumlah responden) = 33 sebesar (2,039). Maka diperoleh (0,622) < (2,039) yang artinya bahwa diterima dan ditolak. Dari hasil penelitian ini berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara pola didik orang tua terhadap prestasi hasil belajar PAI SMP Negeri 1 Karangjambu
References
Departemen Agama RI, 2010, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Hilal.
Yaqin, Ainul, 2017, Hadits-Hadits Pedidikan, Jawa Timur: Duta Media Publishing.
Muslim, 2020, Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Al Tridhonanto, 2014, Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, Jakarta: PT. Gramedia.
Rosyid, Moh. Zaiful, 2019, Prestasi Belajar, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Rahmat, 2019, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural, Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Daradjat, Zakiyah, 1992, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan, Iwan, 2019, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuningan: Hidayatul Qur’an Kuningan.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2021 Sobar Puji Lestari, Hafiedh Hasan, Asrul Faruq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





