Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

  • Inayah MTs YMI Wonopringgo Kab. Pekalongan
Keywords: Strategi Pembelajaran PAI, Edutainment, Keaktifan Belajar

Abstract

Dalam proses pendidikan Islam, strategi pembelajaran memiliki kedudukan yang sangat signifikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Bahkan strategi pembelajaran sebagai seni dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa dianggap lebih signifikan dibandingkan dengan materi itu sendiri. Pembelajaran tidak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya
interaksi antara komponen pembelajaran, maka diantara jenis komponen
pembelajaran tersebut haruslah saling bekerja sama sehingga tercipta
pembelajaran yang efisien.
Penerapan pembelajaran yang menimbulkan partisipasi dan interaksi multi arah, baik dari guru kepada siswa, siswa kepada guru, maupun siswa kepada siswa lainnya diperlukan agar siswa berperan secara aktif daam proses pembelajaran. Pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran aktif itu banyak dan bervariatif, salah satunya yaitu pembelajaran berbasis edutainment. Edutainment menjadi jalan untuk menyajikan pembelajaran yang bermakna bagi anak melalui pengalaman, pembelajaran menyenangkan (rileks) dengan entertaiment yang diasimilasi dalam proses pendidikan serta proses yang memberikan kebebasan pada peserta didik dalam belajar dan memecahkan masalah secara kreatif dengan harapan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran berbasis edutainment dalam pelajaran PAI. Melalui strategi tersebut diharapkan keaktifan siswa dalam pembelajaran akan berkembang.

References

Andrioza, Badrus Zaman, 2016, Edutainment dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Mudarisa, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 1.
Hamid, Moh. Sholeh, 2011, Metode Edutainment Menjadikan Siswa Kreatif dan Nyaman di Kelas, Yogyakarta: DIVA Press.
Hamruni, 2009, Edutainment Dalam Pendidikan Islam & Teori-teori Pembelajaran Quantum, Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.
Hartono, Rudi, 2014, Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid, Jogjakarta: Diva Press.
Komariah, Kokom, 2010, Model-Model Pembelajaran, Yogyakarta: UNY.
Maftuh, Hasan, 2017, Implementasi Konsep Edutainment Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Boyolali, Jurnal Inspirasi, Vol. 1 No.1 Juli 2017.
Roqib, Moh., 2009, Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat, Yogyakarta: LKis.
Rusydi, Nur Alfyfadhilah, 2017, Pengaruh Penerapan Metode Edutainment Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Murid SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar, Makasar: Universitas Negeri Makasar.
Sardiman, A.M, 2001, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja. Grafindo Persada.
Sitepu, Juli Maini, 2016, Pembelajaran Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa, Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Widiasworo, Erwin, 2017, Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas, Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Yaumi, Muhammad, 2018, Media dan Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Yusuf, Choirul Fuad, 2007, Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural, Jakarta: Gramedia.
Published
2021-11-15