Minat Belajar Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa
Abstrak
Kegiatan belajar mengajar dimasa pandemi ini diharapkan terlaksana dengan baik dengan hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar minat belajar mahasiswa dimasa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar mahasiswa dengan harapan bisa meningkat hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dimana data diperoleh dengan uji statistik yang dibantu dengan aplikasi SPSS for windows. Data diakumulasi dan dianalisis dengan analisis regresi sehingga setelah dilakukan perhitungan statistik diperoleh nilai sebesar 61,70% yang mana nilai sebesar itu bisa diinterpretasikan cukup baik atau bisa dikatakan hasil belajar cukup baik dan minat belajar mahasiswa juga tergolong cukup baik.
Referensi
Arianingsih A., & Setiana S.M., (2018). Minat Belajar Mahasiswa terhadap Pembelajaran Chookai. Journal of Japanese Language Education and Linguistics. 2 (2)
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajar. Jakarta : Rineka Cipta,
Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara,
Manopo C, dkk. (2020) Analisis Minat Belajar Mahasiswa FKIP Universitas Papua pada Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 2(2)
Mulyana, A. (2022, Februari 25). Pendidikan Kewarganegaraan. Retrieved from ainamulyana.blogspot.com: https://ainamulyana.blogspot.com/2018/06/undang-undang-uu-nomor-20-tahun-2003.html
Nurfarini, Hirdha (2020). Pengaruh Kuliah Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Samarinda. Jurnal el-Buhuth, 4 (2).
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman A. M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.
S.B. Djamarah, (2004). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Situmorang, A Suarman & Siahaan, B Friska. (2021). Pembelajaran Online dengan Googele Classroom Terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN. Journal of Mathematics Education and Applied Volume 2(2).
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta,
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2011
Surat Edaran Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##