Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Guide Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas III MI Nurul Huda Karanganyar Bantarbolang Pemalang
Abstract
Kesulitan membaca Al-Qur’an bagi anak merupakan suatu problematika yang perlu dibenahi sejak dini agar tidak dibiarkan sampai anak tersebut beranjak dewasa karena jika sudah dewasa akan lebih sulit mempelajarinya atau tingkat kemalasan untuk belajar membaca Al-Qur’an lebih besar.Hal ini juga yang dialami oleh sebagian besar di lembaga MI Nurul Huda Karanganayar dikarenakan beberapa kondisi yang tidak mendukung dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an. Maka dengan strategi pembelajaran Reading Guide diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang kondusif. Strategi pembelajaran Reading Guide bertujuan untuk membantu peserta didik lebih terfokus dan mudah dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi, wawancara, dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunkan metode triangulasi data atau penggabungan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data. Penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian maka hasil dari penerapan strategi Reading Guide pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dapat meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an, meningkatkan rasa percaya diri, efektif dalam respon dankeaktifan siswa.
References
Haidir dan Salim, (2014), Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing.
Idris, Tasnim, dan Elva Malyuni, (2013), Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al-Qur’an Hadits di MIN Rukoh Banda Aceh, Pionir, Jakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kamus, KBBI Daring, https://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses pada tanggal 27 juli 2022.
Keputusan Menteri Agama Nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pelajaran Pedidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.
Khon, Abdul majid, (2012), Hadits Tarbawi, Jakarta: Kencana Prenamedia Grup.
Mardalis, (2008), Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mu’awanah, (2011), Strategi Pembelajaran, Kediri: STAIN Kediri Press.
Mustolehudin, (2011), Tradisi Baca Tulis dalam Islam Kajian Terhadap Teksi Al-Qur’an Surah Al-Alaq Ayat 1-5.Jurnal Analisa.Vol.18,No.01.
Nasution, Wahyudin Nur, (2017), Strategi Pembelajaran, Medan:Perdana Publishing.
Peraturan Menteri Agama RI nomor 02 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Rasimin, (2011), Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Kualitatif, Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah, (2017), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Ainun Nisaissholihah, Hafiedh Hasan, Rinda Nuningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





