Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Learning Kelas V di SDN 02 Kuta Kecamatan Bantarbolang
Abstract
Penelitian ini diharapkan dapat mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis blended learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus yang menghasilkan data deskriptif yang berbentuk data dan informasi yang mendalam, mendetail, intensif, holistik dan sistematis tentang orang, kejadian, latar sosial, atau kelompok dengan menggunakan berbagai metode dan teknik serta banyak sumber informasi untuk memahami secara efektif bagaimana orang, kejadian, latar alami itu beroperasi atau berfungsi sesuai dengan konteksnya Berdasarkan analisis data diketahui bahwa hasil penelitian bahwa efektivitas pembelajaran blended learning meliputi tiga proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Dampak positif seperti guru belajar lebih dalam mengenai teknologi informatika. Dampak negative seperti kurangnya paham siswa mengenai materi pembelajaran yang diberikan. Dunia mengalami goncangan yaitu adanya virus covid-19 yang memakan banyak korban sehingga hampir melumpuhkan semua kegiatan di segala sector, mulai dari ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan. Menimbang dengan adanya kejadian seperti ini pemerintah memutuskan untuk menginstruksikan penerapan sistem pembelajaran berbasis online yang serentak dilakukan dilakukan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia.
References
Anwar, Muhammad, (2017), Filsafat Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Anwar, Syaiful, (2014), Desain Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Idea Sejahtera.
Belawati, Tian, (2019), Pembelajaran online, Banten: Universitas Terbuka.
Bilfaqih, Yusuf, (2015), Esensi Pengembangan Pembelajaaran Daring, Yogyakarta: Deepublished.
Gade, Syabbudin, (2019), Pengembangan Interaksi Edukasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Banda Aceh: Arraniry Press.
Purnomo, Halim, (2019), Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: LP3M.
Putrawangsa, Susilahudin, (2018), Desain Pembelajaran, Mataram: Rekarta.
Hadi, Amirul, (2005), Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Cv Pustaka Karya.
Kuntarto, (2019), Pendidikan Agama Islam, Unsoed: Cetakan Kesatu.
Mudlofir, Ali, (2016), Desain Pembelajaran Inovatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rasimin, (2012), Media Pembelajaran, Yogyakarta: Trust Media Publishing.
Rohmawati Afifatu, (2015), “Efektivitas Pembelajaran” dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi 1 Volume 9, Jakarta Timur: Universitas Negari Jakarta.
Rusman, (2013), Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari Milya, (2019), “Analisis Model-Model Blended Learning di Lembaga Pendidikan”, Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, Edisi 2 Volume 5.
Sidiq Umar, (2019), Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Ponorogo: Cv Nata Karya.
Sagusabu, (2020), Pembelajaran Daring Di Perbatasan, Surabaya: Pustaka Media Guru.
Wardani, Kristianty Diny, (2016), Psikologi Pendidikan Islam, Jawa Barat: Cv Confident.
Wijoyo, Hadion, (2021), Efektivitas Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi, Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.
Yusuf, Muri, (2017), Metode Penelitian, Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2022 Aulia Romadhona, Nisrokha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





