Pengaruh Pola Interaksi Edukatif Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Al-Kholiliy Comal

  • Evi Risky Mularsih UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Nadia Pramita SMP Al-Kholiliy Comal
  • Nisrokha Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang
Keywords: Interaksi Edukatif Guru, Keaktifan Belajar PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  pengaruh pola interaksi edukatif guru dan siswa terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII  pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smp plus al-kholiliy comal. Penelitian ini dilakukan di SMP Plus al-kholiliy comal. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif  penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Penelitian korelasi ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui pengaruh variabel bebas x (pengaruh pola interaksi edukatif guru dan siswa) dan variabel terikat y (keaktifan belajar siswa). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Plus Al-Kholiliy Comal pada tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 43 siswa sedangkan sample dalam penelitian ini 43 siswa. Sedangkan, tehnik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan kuestioner.  Hasil penelitian  Adanya pengaruh pola interaksi edukatif guru dan siswa maka dapat dilihat dari nilai F hitung ialah 19.585 dengan tingkat nilai sig. uji Anova adalah 0,000 < nilai signifikan 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pola interaksi edukatif guru dan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar siswa maka Ho ditolak dan Ha diterima.

References

Ahmad, Ardat dan Indra Jaya, (2021), Biostatistik Statistic Dalam Penelitian Kesehatan, Jakarta: Kencana.
Alfianika, Ninit, (2018), Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia, Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Chomaidi dan Salamah, (2018), Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah, Jakarta: PT Grasindo.
Dahwadin dan Farhan Sifa Nugraha, (2019), Motivasi Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Wonosobo: CV. Mangku Bumi Media.
Daryanto, (2010), Belajar dan Mengajar, Bandung: CV. Yrama Widya.
Djamarah, Saiful Bahri, (2014), Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain, (2013), Strategi Belajar Megajar, Jakarta: PT Rineka Citra.
Hadi, Amirul dan Haryono, (2005), Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.
Hanifah, Nurdinah, (2016), Sosiologi Pendidikan, Sumedang: UPI Sumedang Press.
Hardini, Isriani, Dewi Puspitasari, (2017), Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep Dan Implementasi), Yogyakarta: Familia.
Harisa, Afifuddin, (2018), Filsafat Pendidikan Islam Prinsip Dan Dasar Pengembangan, Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Hayati, Najma, dkk., (2015), “Kemampuan Mengelola Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Al-Hikmah, Vol. 12, No. 2.
Hayati, Yuniar, (2022), Asyiknya Belajar Daring “WHY NOT”, Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.
Isrok’atun, dan Amelia Rosmala, (2018), Model-Model Pembelajaran Matematika, Jakarta: Bumi Aksara.
Kanza, Nanda Rizky Fitrian, dkk., (2020), “Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas De Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Jamber”, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 9 No. 2.
Khadijah dan Nurul Amelia, (2020), Perkembangan Fisik Motoric Anak Usia Dini Teori Dan Praktik, Jakarta: Kencana.
Maasrukhin, Ahmad Rudi dan Khurin’in Ratnasari, (2019), “Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika”, Jurnal Auladuna, Vol. 01 No. 02.
Published
2022-11-20