Format Ideal Pendidikan Islam di Indonesia (Kajian Perbandingan Antar Negara)
Abstract
Dalam menghadapi perubahan masyarakat modern, secara internal pendidikan Islam harus menyelesaikan persoalan dikotomi, tujuan dan fungsi lembaga pendidikan Islam, dan persolalan kurikulum atau materi yang sampai sekarang ini belum terselesaikan. Lembaga-lembaga pendidikan Islam perlu mendesain ulang fungsi pendidikan, dengan memilih model pendidikan yang relevan dengan perubahan zaman dan kebutuhan masyarakat. Pendidikan Islam didesain untuk dapat membantu meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan untuk bekerja lebih produktif sehingga dapat meningkatan kerja lulusan pendidikan di masa datang. Selain itu perlu disain pendidikan Islam yang tidak hanya bersifat linier saja, tetapi harus bersifat lateral dalam menghadapi perubahan zaman yang begitu cepat. Pendidikan Islam harus mengembangkan kualitas pendidikannya agar memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang selalu berubah-berubah. Lembaga-lembaga pendidikan Islami harus dapat menyiapkan sumber insani yang lebih handal dan memiliki kompotensi untuk hidup bersama dalam ikatan masyarakat modern.
References
Dukha Yunitasari, Dukha. (2017). Memetik Pelajaran Dari Sistem Pendidikan Mesir Untuk Peningkatan Pendidikan Indonesia. Jurnal PPkn & Hukum, Vol. 12 No. 2.
Ismail. (2014). Analisis Arah Kebijakan Pelaksanaan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Yang Merata dan Berkualitas di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik. Vol. 4 No. 1.
Juwariyah, Perbandingan Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus dan Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. IV, No. 1, 2015.
Langgulung, Hasan. 1992. Asas-asas Pendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Sudiro, M. Irsyad. (1995). Pendidikan Agama dalam Masyarakat Modern, Cirebon: tpp.
Suroyo. 1991. Perbagai Persoalan Pendidikan; Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: IAIN.
Tilar, H.A.R. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21, Magelang : Tera Indonesia.
Uwes, Sanusi. (2003). Visi Dan Pondasi Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.
Wijayanti, Ravina, Muhammad Devy Habibi, Perbandingan Pendidikan Islam Menurut Perspektif KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari, Jurnal Ilmu Al-Qur’an (IQ) Vol. 4 No. 2, 2021.
Zuhairini, dkk. (2000). Sistem dan Isi Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Copyright (c) 2022 Imam Faizin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Miskawaih is published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited. Below you may find the full text of the license signed by the authors.





